Tim Gabungan Pemkab Pamekasan Sosialisasi DBHCHT 2023 ke Buruh Linting Rokok -->

Tim Gabungan Pemkab Pamekasan Sosialisasi DBHCHT 2023 ke Buruh Linting Rokok

Senin, 06 November 2023, 2:58 PM
loading...
Tim Gabungan Pemkab Pamekasan Sosialisasi DBHCHT 2023 ke Buruh Linting Rokok
Para buruh linting rokok di PR Rudal Mas Pamekasan mendapatkan sosialisasi tentang DBHCHT dari Tim Gabungan Pemberantasan Rokok Ilegal Kabupaten Pamekasan, Senin (6/11/2023). (Foto Ir/E-KABARI)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Tim gabungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan melakukan Sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023 ke buruh linting rokok di Desa Tentenan Barat, Kecamatan Larangan.


Tim gabungan tersebut terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pamekasan, Bea Cukai Madura, Disperindag, Polres, Kejaksaan, Bagian Perekonomian, Camat Larangan, serta Kades Tentenan Barat.


Mereka melakukan sosialisasi DBHCHT 2023 di Rerusahaan Rokok (PR) Rudal Mas Desa Tentenan Barat, Kecamatan Larangan, Senin, 6 November 2023 pagi.


Puluhan buruh linting rokok yang bekerja di PR Rudal Mas mengikuti sosialisasi itu dengan penuh antusias.


Nadia, perwakilan PR Rudal Mas mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pamekasan yang memberikan kesempatan untuk menerima sosialisasi DBHCHT.


Menurut Nadia, pihaknya masih sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dari Bea Cukai Madura dan dinas terkait tentang cukai untuk kemajuan PR Rudal Mas.


"Semoga sosialisasi ini mempunyai manfaat dan dampak baik bagi kita semua, dan melalui bimbingan dan arahan ke depannya PR Rudal Mas semakin baik," harap Nadia.


Sementara Kepala Satpol PP dan Damkar Pamekasan M. Yusuf melalui Kabid Gakda M. Hasanurahman mengatakan, DBHCHT adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah berdasarkan presentase tertentu dari pendapatan Negara, untuk mendanai kebutuhan daerah.


Selain itu, pihaknya juga memberikan materi pengenalan jenis dan krakteristik rokok ilegal untuk menambah pengetahuan para buruh terkait latar belakang pengenaan cukai rokok yang mereka buat.


"Salah satu manfaat dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) diberikan kepada masyarakat, para peserta yang hadir juga diberikan sembako yang didanai dari dana tersebut," jelas Hasan. (*/Ir/Rfq)

TerPopuler