Pemkab Pamekasan Raih Penghargaan Swasti Saba Kota Sehat dan STBM 2023 -->

Pemkab Pamekasan Raih Penghargaan Swasti Saba Kota Sehat dan STBM 2023

Kamis, 30 November 2023, 4:53 PM
loading...
Pemkab Pamekasan Raih Penghargaan Swasti Saba Kota Sehat dan STBM 2023
Pj Bupati Pamekasan Masrukin menerima penghargaan Swasti Saba di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (28/11/2023) lalu, didampingi sejumlah pejabat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan. (Istimewa)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Pamekasan mendapat penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2023.


Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemkab Pamekasan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).


Pejabat (Pj) Bupati Pamekasan Masrukin menerima penghargaan Swasti Saba di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa, 28 November 2023 lalu, didampingi sejumlah pejabat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan.


"Penghargaan ini didapat karena kita dinilai memenuhi syarat dari 9 (sembilan) tatanan yang ditetapkan, diantaranya tatanan bidang kesehatan, lingkungan hidup, tatanan pariwisata, dan lainnya," kata Kepala Dinkes Pamekasan, dr Sjaifuddin, Kamis, 30 November 2023.


Dari beragam tatanan tersebut, Sjaifuddin mengatakan Pamekasan dinyatakan memenuhi beberapa standar yang ditentukan. Di antaranya lingkungan pasar dengan fasilitas ibu menyusui, tempat kawasan merokok, kondisi air, dan fasilitas lainnya yang menjadi penunjang terciptanya lingkungan bersih dan sehat.


"Berdasar tatanan itu, Pamekasan dikategorikan sudah mendapatkan nilai untuk juara kedua. Untuk mempertahankan itu perlu komitmen bersama, baik dari pemerintah dan masyarakat secara umum," sambung dr Sjaifuddin.


Karena itu, pihaknya mengajak masyarakat supaya bersama dan senantiasa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Pamekasan.


"Salah satunya dengan cara menjaga pola hidup bersih, dan sehat, baik di rumah, sekolah atau lingkungan lainnya," ujar Sjaifuddin. (Ir/Rfq)

TerPopuler