Buka Turnamen E-Sports Bupati Cup 2023, Ini Harapan Wabup Sampang -->

Buka Turnamen E-Sports Bupati Cup 2023, Ini Harapan Wabup Sampang

Sabtu, 25 November 2023, 6:15 PM
loading...
Buka Turnamen E-Sports Bupati Cup 2023, Ini Harapan Wabup Sampang
Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat memukul gong pertanda dibukanya Turnamen E-Sport Bupati Cup 2023 didampingi Kepala Disporabudpar Sampang H. Marnilem, Sabtu (25/11/2023). (Foto Madas/E-KABARI)


SAMPANG, E-KABARI.com - Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat secara resmi membuka Turnamen E-Sports Bupati Cup 2023, Sabtu, 25 November 2023.


Turnamen olahraga elektronik itu berlangsung di Gedung Aula Kenkaro Cafe, Jalan Makboel Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang.


Kepala Disporabudpar Kabupaten Sampang H. Marnilem mengatakan, Turnamen E-Sports merupakan gelaran Bupati Cup seri ke-6 tahun 2023 dengan memperebutkan tropi Bupati Sampang, piagam dan uang pembinaan.


Tujuan digelarnya turnamen tersebut adalah untuk menemukan dan menjaring bibit-bibit muda, yang nantinya akan dipersiapkan untuk event regional, terutama di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2025.


"Hasil dari kegiatan ini sebagai tolak ukur dan bahan evaluasi sejauh mana perkembangan olahraga di Kabupaten Sampang serta memotivasi para atlet dalam mengasah lebih dalam lagi bakat dan kemampuannya," kata Marnilem, Sabtu, 25 November 2023.


E-Sports sendiri merupakan cabang olahraga (Cabor) baru di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sampang, yang saat ini memang sedang ngetren di kalangan anak muda.


Olahraga tersebut menggunakan permainan video secara perorangan maupun beregu.


Meskipun di ajang Porprov Jatim 2023 lalu tidak mendapatkan medali, Marnilem mengaku bangga dan salut atas kemauan dan kerja keras jajaran pengurus dan atlet E-Sports Sampang.


"Cabor baru ini secara mandiri berangkat mengikuti ajang Porprov Jatim 2023 tanpa support dana hibah dari KONI Sampang maupun Pemerintah Kabupaten Sampang," ujar Marnilem.


Mengingat hal tersebut, Marnilem berharap agar Cabor tidak selalu menggantungkan diri kepada dana hibah yang diberikan Pemkab Sampang. Sebab, dana tersebut sangat terbatas.


"Saya harapkan cabor-cabor ini untuk tidak lebay, sedikit-sedikit minta bantuan dana walaupun sebenarnya hal itu bisa dilaksanakan secara mandiri," tegas Kepala Disporabudpar Sampang.


Melalui turnamen tersebut, Marnilem mengajak agar seluruh peserta menjunjung tinggi sportiftas, baik di dalam maupun diluar lapangan.


Pihaknya juga berharap gelaran Bupati Cup itu menjadi ajang untuk lebih mengembangkan lagi potensi olahraga yang ada di Kabuaten Sampang.


"Semoga dengan turnamen ini nantinya bisa meraih prestasi d level kejuaraan yang lebih tinggi, terutama pada Porprov Jatim yang akan dilaksanakan pada tahun 2025," harap Marnilem.


Ada 3 kategori dalam turnamen E-sports, yaitu PES (e-Football), Free Fire dan Mobile Legend. Untuk kategori PES diikuti oleh peserta perorangan, sedangkan untuk kategori Free Fire dan Mobile Legend diikuti oleh peserta beregu.


Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengapresiasi digelarnya turnamen E-Sports dalam gelaran Bupati Cup 2023.


Pihaknya berharap turnamen E-Sports berjalan lancar, sehingga bisa meningkatkan rasa peduli masyarakat pada cabor baru itu.


"Saya kagum dan bangga kepada seluruh peserta dan penyelenggara, karena turnamen ini menunjukkan Sampang tidak ketinggalan zaman dan mampu menempatkan posisi di era digital dengan segala peluang dan tantangannya," ujar Wakil Bupati yang akrab disapa Haji Ab itu.


Pihaknya berharap, lewat ajang itu bisa mendongkrak minat dan menjaring atlet muda berbakat di Kabupaten Sampang. Pasalnya, memasuki era digital ini Sampang harus berubah.


"Mudah-mudahan cabor E-Sports ini bisa memberikan kontribusi yang lebih di tingkat Jawa Timur di 2025 nanti. Mari kita majukan E-Sports di Sampang," pungkas Haji Ab. (Madas/Rfq)

TerPopuler