Bupati Sumenep Paparkan Capaian Keberhasilan Pembangunan pada Upacara Hari Jadi Ke-754 -->

Bupati Sumenep Paparkan Capaian Keberhasilan Pembangunan pada Upacara Hari Jadi Ke-754

Selasa, 31 Oktober 2023, 12:22 PM
loading...
Bupati Sumenep Paparkan Capaian Keberhasilan Pembangunan pada Upacara Hari Jadi Ke-754
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat memimpin Upacara Hari Jadi Ke-75 Kabupaten Sumenep di Lapangan Adirasa Kecamatan Kalianget, Selasa (31/10/2023) pagi. (Foto SK/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Upaya Pemerintah Kabupaten Sumenep terus bekerja melakukan proses pembangunan untuk memajukan daerah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat menunjukkan banyak capaian keberhasilan.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo memaparkan capaian-capaian keberhasilan pembangunan tersebut pada Upacara Hari Jadi Ke-75 Kabupaten Sumenep di Lapangan Adirasa Kecamatan Kalianget, Selasa, 31 Oktober 2023 pagi.


Ia mengatakan, Pemkab Sumenep melalui organisasi perangkat daerah (OPD) sudah berusaha menjalankan program sesuai dengan visi dan misi yang dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.


Salah satu keberhasilan upaya itu adalah penurunan angka kemiskinan pada 2022 menjadi 18,76 persen dibanding 2021 sebesar 20,51 persen. Begitu pula Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sumenep tahun 2022 menunjukkan angka penurunan dibanding pada tahun-tahun sebelumnya.


"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumenep, angka pengangguran terbuka Kabupaten Sumenep 2022 menurun sebesar 1,36 persen dibanding dua tahun sebelumnya di atas 2 persen, yakni 2021 sebesar 2,31 persen dan 2020 mencapai 2,84 persen," kata Bupati ketika Upacara Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep, Selasa, 31 Oktober 2023.


Keberhasilan lainnya adalah pertumbuhan ekonomi 2021setelah wabah Covid-19 di angka 3,1 persen menjadi 5,02 persen pada 2022. Pun Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) saat ini di angka 68,87 persen dari tahun sebelumnya 68,07 persen.


"Meskipun berhasil menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran terbuka, kita tidak boleh berpuas diri, karena seluruh ASN di jajaran Perangkat Daerah harus terus berkomitmen untuk bekerja keras dan cerdas demi menyejahterakan masyarakat," ujar Bupati Fauzi Wongsojudo.


Ia menegaskan, apapun keberhasilan program pembangunan pemerintah sejatinya merupakan buah kerja sama semua elemen di Kabupaten Sumenep. Semua elemen harus terus bergotong royong membangun daerah di segala sektor sesuai dengan bidangnya masing-masing.


"Kami mengharapkan semua elemen di Kabupaten Sumenep meningkatkan gotong royong, untuk berperan aktif ikut serta membangun daerah," tegas Bupati.


Karena itu, momentum Hari Jadi Ke-754 yang bertajuk 'Masa Kejayaan' diharapkan menjadi pemicu motivasi bagi masyarakat agar lebih maju dengan menggali segala potensi daerah, baik kesenian, kebudayaan, sumber daya alam dan potensi lainnya.


Bagaimanapun kerja sama yang baik antar semua elemen di Sumenep sangat menentukan dalam mencapai keberhasilan program kerja Pemerintah Daerah.


"Peran semua elemen bersama-sama dengan konsep Pentahelix atau multipihak sangat penting untuk meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Sumenep," tandas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo. (*/Rfq)

TerPopuler