Doa Tolak Bala di Hari Rebo Wekasan -->

Doa Tolak Bala di Hari Rebo Wekasan

Selasa, 12 September 2023, 5:41 PM
loading...
Doa Tolak Bala di Hari Rebo Wekasan
Doa Tolak Bala di Hari Rebo Wekasan. (Ilustrasi/Pexels/Thirdman)


E-KABARI.com - Hari Rebo Wekasan adalah salah satu hari yang dianggap istimewa dalam kepercayaan dan tradisi banyak masyarakat di Indonesia. Pada hari ini, banyak orang mengamalkan berbagai doa dan ritual sebagai bentuk perlindungan dari berbagai bala atau musibah yang mungkin datang. Salah satu doa yang sering digunakan adalah "Doa Tolak Bala."


Mengapa Hari Rebo Wekasan Istimewa?


Hari Rebo Wekasan menjadi istimewa karena dalam kalender Jawa, ini merupakan hari terakhir dalam satu pekan. Dalam tradisi Jawa, hari-hari dalam satu pekan memiliki makna dan kekuatan tersendiri, dan Rebo Wekasan dianggap sebagai hari yang memiliki energi khusus. Oleh karena itu, banyak orang memanfaatkan hari ini untuk berdoa dan memohon perlindungan.


Doa Tolak Bala: Perlindungan dari Musibah


Salah satu doa yang sangat populer pada Hari Rebo Wekasan adalah "Doa Tolak Bala." Doa ini digunakan untuk memohon perlindungan dari berbagai bala atau musibah yang dapat menghampiri seseorang. Berikut ini doa tolak bala yang bisa dibaca saat Rebo Wekasan:


اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ


Arab Latinnya:


Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn.


Artinya:


“Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam”.


Cara Mengamalkan Doa Tolak Bala di Hari Rebo Wekasan


  1. Persiapkan diri dengan hati yang tulus dan khusyuk.
  2. Carilah tempat yang tenang dan jauh dari gangguan.
  3. Bacalah doa "Doa Tolak Bala" dengan penuh keyakinan dan hati yang ikhlas.
  4. Setelah membaca doa, luangkan waktu untuk merenung dan memohon perlindungan kepada Tuhan.


Perlindungan dan Kedamaian


Doa Tolak Bala adalah bentuk pengingat bahwa kita sebagai manusia memiliki keterbatasan, dan kita selalu membutuhkan perlindungan dan bimbingan dari Yang Maha Kuasa. Pada Hari Rebo Wekasan, pengamalan doa ini menjadi momen untuk merenungkan arti hidup, menjaga ketenangan jiwa, dan berharap agar kita senantiasa terhindar dari berbagai musibah.


Meskipun doa ini memiliki akar dalam budaya Jawa, banyak orang dari berbagai latar belakang agama dan budaya di Indonesia juga mengamalkannya sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan perlindungan. Doa ini mengingatkan kita akan pentingnya berserah diri kepada Tuhan dan menjalani hidup dengan hati yang tulus dan penuh kasih.


Penting untuk diingat bahwa doa bukanlah jaminan bahwa kita akan terhindar sepenuhnya dari bala atau musibah, tetapi ia adalah bentuk hubungan spiritual yang mendalam dan pengingat bahwa kita selalu dapat mencari perlindungan dan kekuatan dalam keyakinan kita.


Seiring dengan perjalanan hidup yang penuh liku-liku, doa ini menjadi sumber kedamaian dan kekuatan, membantu kita menjalani kehidupan dengan penuh harapan dan keyakinan akan kasih sayang Tuhan yang selalu ada.


Semoga artikel ini bermanfaat dalam memahami Doa Tolak Bala di Hari Rebo Wekasan. Ingatlah untuk selalu mengamalkannya dengan niat yang tulus dan hati yang ikhlas. (*)


Penulis: Aulia Syarifah
Editor: Rafiqi

TerPopuler