Pawai Karnaval Meriahkan HUT Ke-78 RI Kecamatan Lenteng -->

Pawai Karnaval Meriahkan HUT Ke-78 RI Kecamatan Lenteng

Senin, 28 Agustus 2023, 7:54 PM
loading...
Pawai Karnaval Meriahkan HUT Ke-78 RI Kecamatan Lenteng
Plt. Camat Lenteng Suryadi Irawan, S.IP, MM saat melepas peserta Pawai Karnaval Pemerintah Kecamatan Lenteng, Sumenep, Senin (28/8/2023). (Foto WY/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pawai Karnaval menjadi salah satu kegiatan memeriahkan peringatan HUT Ke-78 RI di Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.


Pemerintah Kecamatan Lenteng melaksanakan pawai karnaval tersebut, Senin, 28 Agustus 2023 siang.


Ratusan peserta dalam puluhan kelompok tampak antusias mengikuti pawai karnaval meski berlangsung di tengah terik matahari.


Plt. Camat Lenteng Suryadi Irawan mengatakan, pawai karnaval itu merupakan salah satu dari serangkaian acara peringatan HUT Ke-78 RI yang digelar Pemerintah Kecamatan Lenteng.


Sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Lenteng telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba Agustusan.


"Untuk karnaval kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan HUT RI ke-78 di Kecamatan Lenteng," kata Suryadi Irawan saat melepas peserta, Senin, 28 Agustus 2023 siang.


Wawan, panggilan akrabnya, menyebut pawai karnaval itu sebagai pawai budaya. Sebab, berbagai macam pakaian adat yang merupakan bagian dari kebudayaan Madura menghiasi pawai tersebut.


"Tentu saja ini adalah pawai budaya, di sini kita mengambarkan bagaimana budaya kita, budaya Madura," ujar Wawan.


Pawai karnaval dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 RI itu merupakan pawai yang cukup besar dan meriah.


Sebanyak 50 kelompok terdaftar sebagai peserta yang terdiri dari utusan desa dan lembaga pendidikan se-Kecamatan Lenteng.


Selain itu, sebanyak 13 musik tong-tong atau uldaul juga memeriahkan pawai karnaval Pemerintah Kecamatan Lenteng tersebut.


"Peserta sebenarnya ada yang berdatangan tanpa mendaftar pada panitia, yang jelas ada 13 uldaul yang terdaftar, diikuti oleh seluruh desa meskipun ada beberapa desa yang absen karena sudah melaksanakan sendiri di desanya," jelas Wawan.


Pawai karnaval yang digelar Pemerintah Kecamatan Lenteng itu berjalan dengan sangat meriah. Masyarakat terpantau antusias menonton hingga memadati sepanjang rute pawai. (*/WY/Rfq)

TerPopuler