Kepala DPMD Sumenep Apresiasi Produk Stand Pameran UMKM Desa Tamidung, Ini Komitmen Kades Basith -->

Kepala DPMD Sumenep Apresiasi Produk Stand Pameran UMKM Desa Tamidung, Ini Komitmen Kades Basith

Jumat, 25 Agustus 2023, 3:42 PM
loading...
Kepala DPMD Sumenep Apresiasi Produk Stand Pameran UMKM Desa Tamidung, Ini Komitmen Kades Basith
Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf saat mengunjungi Stand Pameran UMKM Desa Tamidung didampingi Forpimcam dan Kepala Desa Tamidung Abd. Basith, Kamis (24/8/2023) malam. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni Yusuf memberikan apresiasi terhadap produk desa yang dipamerkan di stand UMKM di Kecamatan Batang-Batang.


Anwar menyampaikan apresiasi itu ketika mengunjungi stand setiap desa usai menutup Pentas Seni dan Pameran UMKM yang digelar Pemerintah Kecamatan Batang-Batang dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis, 24 Agustus 2023 malam.


Kepala DPMD Sumenep tersebut tampak takjub dengan berbagai produk yang dipamerkan setiap desa di stand UMKM masing-masing selama tiga hari mulai tanggal 22 hingga 24 Agustus malam.


Terbukti, salah satunya Anwar tertangkap memberikan apresiasi produk di stand Pameran UMKM Desa Tamidung yang dipimpin Kades muda Abd. Basith.


"Bagus ini produk-produknya. Saya sangat apresiatif terhadap inovasi masyarakat desa untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi," ujar Anwar, kemudian mengisi daftar pengunjung dan foto bersama di stand Pameran UMKM Desa Tamidung.


Kepala DPMD Sumenep Apresiasi Produk Stand Pameran UMKM Desa Tamidung, Ini Komitmen Kades Basith
Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf mengisi daftar pengunjung saat mengunjungi Stand Pameran UMKM Desa Tamidung didampingi Forpimcam dan Kepala Desa Tamidung Abd. Basith, Kamis (24/8/2023) malam. (Foto for E-KABARI)


Pemerintah Kecamatan Batang-Batang bersama TP PKK Kecamatan menggelar Pameran UMKM itu untuk membangkitkan perekonomian di seluruh desa di wilayah Batang-Batang yang berjumlah 16.


Upaya tersebut mendapatkan respon yang baik, terutama dari Ketua TP PKK Desa Tamidung, Trindani, istri dari Kades Basith.


Bagi Trin, Pameran UMKM yang digelar bersama hiburan berupa pentas seni memberikan peluang bagi setiap desa untuk memasarkan produk lokal khas desa di Batang-Batang kepada masyarakat luas.


Dengan begitu, produk lokal setiap desa yang selama ini belum terlalu dikenal bisa mendapatkan ruang promosi yang lebih luas kepada masyarakat se-Kecamatan Batang-Batang, bahkan dari luar.


"Bagus sekali efek pameran ini. Buktinya, inovasi produk olahan TP PKK Desa Tamidung yang kami pamerkan di stand UMKM malam pertama langsung habis dalam 1 jam," ungkap Trindani.


Pada Pameran UMKM tersebut, TP PKK Desa Tamidung memasarkan puluhan inovasi produk olahan. Diantaranya berupa kripik gayam, kripik pisang, cendol beras, ta'al siwalan, lopes, apen pandan kuah, thok pethok dan produk lainnya.


Kepala Desa Tamidung Abd. Basith bersyukur beragam inovasi produk olahan yang dipasarkan TP PKK pada kegiatan Pentas Seni dan Pameran UMKM di Kecamatan Batang-Batang mendapatkan apresiasi dari Kepala DPMD Sumenep.


Ia menilai hal itu bukan hanya sebagai apresiasi semata, melainkan sebuah motivasi kepadanya untuk terus meningkatkan dan mengembangkan inovasi produk lokal masyarakat Desa Tamidung.


"Jangan berbangga diri. Kita harus terus berproses dan melakukan inovasi, karena sejatinya usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Tunjukkan bahwa kita bisa dengan segala upaya dan kita mampu tanpa menunggu," pesan Kades Basith.


Ia menegaskan, Pemerintah Desa Tamidung berkomitmen untuk senantiasa mendukung terhadap upaya-upaya membangkitkan perekonomian masyarakat, khsususnya melalui inovasi produk olahan.


Apalagi jika inovasi produk yang sudah dipamerkan pada Pameran UMKM di Kecamatan Batang-Batang menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat.


"Kita pasti dukung apa yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk melalui inovasi produk UMKM ini," pungkas Kades Basith. (Rez/Rfq)

TerPopuler