Bupati Achmad Fauzi Sebut Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong Sarana Promosi Sumenep -->

Bupati Achmad Fauzi Sebut Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong Sarana Promosi Sumenep

Jumat, 04 Agustus 2023, 11:12 PM
loading...
Bupati Achmad Fauzi Sebut Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong Sarana Promosi Sumenep
Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo saat sambutan pada Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong di LKS, Jumat (4/8/2023) malam. (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong yang berlangsung di Lapangan Kesenian Sumenep (LKS), Jumat, 4 Agustus 2023 malam ini menjadi salah satu sarana promosi Kabupaten Sumenep.


Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, festival tersebut memang sebagai upaya membangkitkan dan mendorong musisi atau kelompok musik tong-tong untuk berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan karya.


Namun lebih dari itu, Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong juga menjadi sarana promosi potensi Kabupaten Sumenep.


Pasalnya, setiap peserta wajib membawakan ciptaan sendiri dengan lirik lagu berbahasa Madura dan mengangkat tentang wisata, seni budaya dan kuliner.


"Yang jelas, acara ini bagian dari upaya mempromosikan potensi pariwisata, seni budaya dan kuliner dalam bentuk musik dan lagu yang bernuansa tradisional maupun kontemporer," kata Bupati Achmad Fauzi, Jumat, 4 Agustus malam.


Ia menegaskan, Pemkab Sumenep sangat mendukung pelaksanaan cipta lagu musik tradisional tong-tong sebagai ikhtiar untuk melestarikan kesenian tradisional yang merupakan salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Kabupaten Sumenep.


Karena itu, Bupati Achmad Fauzi mengharapkan, diselenggarakannya Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong mampu memacu semakin banyak karya dan kreasi musisi musik tradisional tersebut.


"Kami mengapresiasi peserta yang telah ikut memeriahkan festival ini, mudah-mudahan musik tong-tong semakin dicintai masyarakat Sumenep dan Madura pada umumnya," tandas Bupati.


Bupati Achmad Fauzi menandai pembukaan Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong yang digelar Forum Komunikasi Putera-Puteri Purnawirawan dan Putera-Puteri TNI/Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep itu dengan memainkan musik tong-tong bersama.


Ketua FKPPI Cabang 1327 Sumenep Edi Susanto mengungkapkan, festival yang berlangsung di Lapangan Gotong Royong Pajagalan itu akan digelar selama dua hari hingga Sabtu, 5 Agustus 2023.


"Peserta festival cipta lagu musik tong-tong yang pertama kali diadakan di Pulau Madura ini diikuti oleh 18 regu, berasal dari Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Pamekasan," tutur Edi Susanto.


Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong merupakan media untuk menunjukkan bakat dan talenta musisi musik tradisional, yang syarat dengan nilai-nilai kearifan lokal.


FKPPI Cabang 1327 Sumenep melaksanakan Festival Cipta Lagu Musik Tong-Tong pertama itu tanpa suntikan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep.


"Jadi kami menjalin kerja sama dengan beberapa pihak untuk mensponsori pelaksanaan festival, karena tidak ada dana melalui APBD Sumenep," jelas Edi. (*/Rfq)

TerPopuler