Besok ITN Malang Bakal Teliti Penyebab Bunyi Ketukan Misterius dari Dalam Tanah di Moncek Tengah -->

Besok ITN Malang Bakal Teliti Penyebab Bunyi Ketukan Misterius dari Dalam Tanah di Moncek Tengah

Sabtu, 12 Agustus 2023, 8:42 PM
loading...
Besok ITN Malang Bakal Teliti Penyebab Bunyi Ketukan Misterius dari Dalam Tanah di Moncek Tengah
Petugas bersama warga saat mengecek lokasi ketukan di dalam tanah yang terjadi di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Sabtu (12/8/2023). (Dok. Humas Polres Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Kepala Desa Moncek Tengah Abu Yazid mengatakan, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bakal teliti fenomena bunyi ketukan misterius dari dalam tanah di desanya.


Tim ahli dari ITN Malang bakal datang ke Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep Minggu besok untuk mencari tahu penyebab terjadinya bunyi ketukan misterius dari dalam tanah tersebut.


"Sampai sore ini penyebab daripada bunyi tersebut masih belum diketahui. Belum ada kepastian. Masih nunggu tim dari ITN Malang yang insyaallah besok akan datang," kata Abu Yazid melalui pesan suara yang disebarkan di grup-grup aplikasi perpesanan WhatsApp, Sabtu, 12 Agustus 2023 petang.


Melalui pesan suara yang sama, Yazid telah membenarkan bahwa bunyi ketukan dari dalam tanah yang getarannya sampai ke atas memang terjadi di desanya.


Menurut dia, fenomena alam yang langka yang membuat warganya geger itu berlangsung dari sekitar pukul 9-11 siang.


"Kejadian tersebut adalah betul. Betul-betul terjadi sebuah bunyi yang suaranya dari dalam tanah, yang getarannya sampe ke atas (permukaan, red)," ujar Yazid.


Kepala Desa Moncek Tengah itu meminta masyarakat agar tidak percaya terhadap informasi yang simpang siur tentang penyebab terjadinya bunyi ketukan misterius dari dalam tanah tersebut.


Sebab sampai saat ini, belum ada kepastian terkait penyebab dari suara ketukan dari dalam tanah di desanya itu.


"Jadi, kami mohon kepada teman-teman semua untuk disampaikan voicenote kami, sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran informasi atau kesimpangsiuran berita. Terima kasih," pinta Yazid.


Fenomena bunyi ketukan misterius di dalam tanah terjadi di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sabtu, 12 Agustus 2023 dari pukul  09.45-10.30 WIB.


Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengungkapkan, Bmbunyi ketukan misterius di dalam tanah itu tepatnya terjadi di sekitar rumah warga Dusun Tengah RT 07/RW 02 Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng.


Ada 5 rumah warga yang di sekitarnya dapat mendengar bunyi dan merasakan ketukan misterius yang berasal dari dalam bumi.


"Lima rumah sekitar yang mendengar atau merasakan ketukan diantaranya rumah (toko) Pak Jakfar, rumah Pak Jazuli, rumah. H. Badrun, rumah Pak Ramli dan rumah Ibu Naim," jelas AKP Widiarti.


Saat ini getaran atau ketukan dari dalam tanah yang terjdi di beberapa titik di Desa Moncek Tengah itu sudah berhenti.


Meski demikian, petugas mengimbau kepada warga sekitar untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.


"Saat ini pemilik rumah mengungsi ke tempat lain karena masih takut dan khawatir," ujar AKP Widiarti. (Rfq)

TerPopuler