10 Amalan Hari Asyura 10 Muharram -->

10 Amalan Hari Asyura 10 Muharram

Kamis, 27 Juli 2023, 4:12 PM
loading...
10 Amalan Hari Asyura 10 Muharram
10 Amalan Hari Asyura 10 Muharram. (Ilustrasi/iStockphoto)


E-KABARI.com - Hari Asyura atau tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriah sangat istimewa. Di hari itu ada sejumlah amalan yang sunnah dilakukan oleh umat Islam.


Amalan-amalan tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Sebab, di bulan Muharram Allah melipatgandakan segala amalan baik maupun perbuatan buruk. Sebagaimana firman Allah:


إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلاَ تَظْلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ


Artinya: "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu." (QS. At-Taubah 9 : 36).


Hari Asyura atau 10 Muharram 1445 H di tahun 2023 ini jatuh pada hari Jumat, tanggal 28 Juli 2023 besok.


Penetapan 10 Muharram tersebut merujuk pada SKB 3 Menteri, di mana Kementerian Agama menetapkan 1 Muharram 1445 H jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023 lalu.


Lalu amalan apa sajakah yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Asyura? Berikut 10 amalan hari Asyura yang sudah dihimpun E-KABARI.com dari laman NU Online.


1. Membaca Doa Hari Asyura


Pada 10 Muharram, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa Hari Asyura sebagaimana yang dikutip oleh ulama pada sejumlah syarah hadits dan kitab fiqih.


Doa Asyura memiliki keutamaan sebagaimana keterangan berikut:


وَنُقِلَ عَنْ بَعْضِ الصُّوفِيَّةِ أَنَّ مَنْ قَرَأَ هَذَا الدُّعَاءَ فِي يَوْمِ عَاشُورَاءَ لَمْ يَمُتْ فِي سَنَتِهِ وَمَنْ فَرَغَ أَجَلُهُ لَمْ يُلْهِمْهُ اللَّهُ تَعَالَى قِرَاءَتَهُ وَهُوَ مِنْ الْمُجَرَّبَاتِ الَّتِي لَا شَكَّ فِيهَا


Artinya, "Dikutip dari sebagian ulama sufi, siapa saja yang membaca doa ini pada Hari Asyura, niscaya tidak mati hatinya pada tahun tersebut. Siapa saja yang selesai ajalnya, Allah tidak mengilhaminya untuk membaca doa tersebut. Doa ini termasuk mujarab (teruji) tanpa keraguan," (Syekh Sulaiman Al-Jamal, Hasyiyatul Jamal 'ala Syarhil Manhaj, juz II, halaman 348)


2. Berpuasa


Amalan berikutnya yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam di hari Asyura, 10 Muharram adalah berpuasa.


Anjuran puasa Asyura ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW dari Aisyah RA yang terdapat di Sahih Bukhari dan Muslim mengenai puasa Asyura. Hadits tersebut berbunyi:


عن عائشة ، رضي الله عنها ، أن قريشا كانت تصوم يوم عاشوراء في الجاهلية ثم أمر رسول الله صلى الله عليه وسلم بصيامه حتى فرض رمضان وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من شاء فليصمه ، ومن شاء أفطر


Artinya: "Dari Aisyah RA, sesungguhnya orang-orang Quraisy dulu pada masa Jahiliyah berpuasa pada hari Asyura. Rasulullah SAW pun memerintahkan untuk berpuasa pada hari itu hingga turunnya perintah wajib puasa Ramadhan. Rasulullah (setelah wajibnya puasa Ramadhan) berkata, 'Barangsiapa menghendaki maka ia boleh berpuasa Asyura, sedangkan yang tidak mau puasa maka tidak mengapa'." (HR Bukhari dan Muslim)


3. Berdzikir


Selain berpuasa, ada banyak umat Islam terdahulu yang diterima taubatnya pada hari Asyura. Oleh karena itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir dan istighfar pada hari Asyura.


Anjuran ini sebagaimana yang dianjurkan oleh Imam Al-Ajhuri, beliau mengatakan:


"Barang siapa yang membaca pada hari Asyura:


حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ


sebanyak 70 kali, niscaya Allah akan menjaganya dari keburukan tahun tersebut."


4. Mengasihi anak yatim


Siapapun yang mengasihi anak yatim dengan cara disantuni dan lain-lain, maka Allah SWT akan mengangkat satu derajat dari setiap helai rambutnya.


5. Berbagi makanan buka puasa


Siapapun yang memberi makanan untuk buka puasa kepada orang mukmin yang melaksanakan puasa di hari Asyura (10 Muharram), maka pahalanya seperti menjamu dan mengenyangkan seluruh umat Nabi Muhammad SAW.


6. Berbagi harta kepada keluarganya


Siapapun yang melapangkan atau memberi nafkah harta yang banyak kepada keluarganya (istri, anak, dan orang yang wajib dinafkahi), maka orang tersebut akan diberi kelapangan rezeki sepanjang tahun.


7. Bersedekah


Siapapun yang bersedekah pada hari Asyura, maka seakan-akan dia tidak menolak atau tidak pernah menolak orang yang minta-minta padanya.


8. Mandi dan bersuci


Siapapun yang membersihkan dirinya dengan mandi dan bersuci pada hari Asyura, maka dia tidak akan sakit kecuali sakit yang mengantarkan pada kematian.


9. Menjenguk orang sakit


Siapapun yang menjenguk orang sakit pada hari Asyura, maka dia seperti menjenguk semua orang sakit anak cucu Nabi Adam.


10. Beribadah


Siapapun yang menghidupkan malam Asyura dengan beribadah, maka seakan-akan dia telah melakukan ibadahnya penduduk tujuh langit.


Itulah 10 amalan hari Asyura yang sunnah untuk dilakukan umat Islam pada 10 Muharram. Semoga bermanfaat. (dj/N/Rfq)

TerPopuler