Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, DLH Sumenep Restorasi Pantai -->

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, DLH Sumenep Restorasi Pantai

Senin, 05 Juni 2023, 11:38 AM
loading...
Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, DLH Sumenep Restorasi Pantai
DLH Sumenep melaksanakan kegiatan restorasi pantai dari sampah plastik dan sarasehan di Pantai Matahari Desa Lobuk, Bluto, Senin (5/6/2023). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep melaksanakan kegiatan restorasi pantai dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023.


Kegiatan dengan tema "Solutions to Plastic Pollution" tersebut bertempat di Pantai Matahari Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Senin, 5 Juni 2023 pagi.


Kepala DLH Sumenep Arif Susanto mengungkapkan, aksi peduli lingkungan itu melibatkan 220 peserta yang terdiri dari OPD terkait, pemerintah desa, kecamatan, sekolah, kader lingkungan dan komunitas.


Termasuk beberapa sponsor, seperti BPRS Bhakti Sumekar, HCML, PT Kelola Mina Laut, CV Anugerah Mandiri Pertiwi, dan PT Sariguna Primatirta Sumenep.


"Kami menyampaikan banyak terima kasih kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini," kata Arif Susanto, Senin, 5 Juni 2023.


Kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 itu dilaksanakan dengan membersihkan Pantai Matahari Desa Lobuk dari sampah, khususnya sampah plastik yang susah diurai.


Selain bersih-bersih pantai, DLH Sumenep juga melaksanakan sarasehan dan demo pembuatan Ecobrick untuk mengurangi volume sampah plastik.


"Saya ingin masukan dari seluruh peserta terhadap bagaimana kondisi kita di sumenep terhadap sampah plastik yang selama ini banyak menumpuk," ujar Arif.


Pihaknya mengaku sengaja memilih Pantai Matahari Desa Lobuk sebagai tempat melakukan kegiatan peduli lingkungan.


Bukan sekadar untuk melakukan bersih-bersih dari polusi sampah plastik,  namun juga ingin membantu promosikan Pantai Matahari sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Sumenep.


"Pantai Matahari ini merupakan salah satu spot wisata terbaru, saya ingin bantu promosi biar tersebar luas sampai ke Jawa Timur hingga nasional bahwa di Lobuk ada Pantai Matahari," jelas Arif Susanto.


Tak hanya di Pantai Matahari, kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 itu masih akan dilanjutkan DLH Sumenep ke objek lain.


Kegiatan serupa akan dilaksanakan pada Kamis, 8 Juni mendatang di Pulau Gili Labak, Kecamatan Talango. (*/Rfq)

TerPopuler