Gema Takbir Idul Adha 1444 H Pemkab Sumenep, Wabup Ajak Teladani Pengorbanan Nabi Ibrahim -->

Gema Takbir Idul Adha 1444 H Pemkab Sumenep, Wabup Ajak Teladani Pengorbanan Nabi Ibrahim

Rabu, 28 Juni 2023, 9:21 PM
loading...
Gema Takbir Idul Adha 1444 H Pemkab Sumenep, Wabup Ajak Teladani Pengorbanan Nabi Ibrahim
Wakil Bupati Sumenep Ny. Hj. Dewi Khalifah bersama jajaran Forkopimda memukul bedug pertanda dimulainya Gema Takbir Idul Adha 1444 H. (Foto Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) gelar kegiatan Gema Takbir Idul Adha 1444 H, Rabu, 28 Juni 2023 malam.


Kegiatan tersebut berlangsung di sepanjang Jl. Dr. Soetomo Kelurahan Pajagalan, tepat di depan Labang Mesem Keraton Sumenep.


Wakil Bupati Sumenep Ny. Hj. Dewi Khalifah mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H.


Kemudian, ia menyampaikan bahwa momentum Hari Raya Kurban mengajarkan dua hal kepada umat Islam.


"Di Hari Raya Idul Adha ini ada dua makna ibadah yang diberikan Allah SWT kepada umat Islam. Pertama ibadah haji, kedua pelajaran tentang arti sebuah pengorbanan," ujar Nyai. Hj. Dewi Khalifah.


Untuk ibadah Haji, Wabup yang akrab disapa Nyai Eva itu mengungkapkan, tidak semua orang bisa melakukannya begitu saja. Sebab, ibadah haji adalah panggilan Allah.


"Maka dari itu, berbahagialah masyarakat Sumenep yang mendapatkan panggilan Allah untuk haji tahun ini," terang Nyai Eva.


Adapun yang dimaksud makna dari sebuah pengorbanan dalam momentum Idul Adha menurut Wabup Sumenep tak lain berkaitan dengan kisah Nabi Ibrahim As.


Kisah keteladanan tentang pengorbanan itu terjadi tatkala Nabi Ibrahim diminta oleh Allah SWT untuk mempersembahkan putranya sebagai kurban, yang kini menjadi salah satu syariat bagi umat Islam.


"Dari kisah Nabi Ibrahim terdapat pelajaran bagi kita bahwa keluarga, harta dan jabatan hanyalah titipan dari Allah yang sewaktu waktu bisa diambil kembali," tutur Nyai Eva.


Ia menegaskan bahwa makna Idul Adha hakikatnya menekankan kepada umat Islam agar berjiwa sosial yang tinggi.


Hari Raya Kurban mengajarkan untuk berbagi dan senantiasa taat serta ikhlas dengan ketetapan Allah SWT.


"Mudah-mudahan dengan gema takbir Idul Adha malam ini kita dapat meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk senantiasa taat pada perintah Allah dan ikhlas berbagi dengan sesama," pungkas Nyai Eva.


Sementara Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Kamiluddin menyampaikan, Gema Takbir Idul Adha 1444 H mengusung tema "Hilangkan Perbedaan, Maknai Idul Adha dengan Kebersamaan, Peduli dan Berbagi dengan Sesama".


Adapun tujuan kegiatan tersebut salah satunya sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat dan karunia dari Allah SWT.


"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenang kembali suri tauladan Nabiyallah Ibrahim yang tunduk patuh kepada Allah SWT," jelas Kamil.


Kegiatan Gema Takbir Idul Adha 1444 Pemkab Sumenep dihadiri oleh segenap jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD.


Hadir pula para Camat serta undangan dari instansi vertikal, tokoh masyarakat dan ASN di lingkungan Pemkab Sumenep. (*/Rfq)

TerPopuler