DKPP Sumenep Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha 1444 H -->

DKPP Sumenep Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha 1444 H

Senin, 12 Juni 2023, 9:22 PM
loading...
DKPP Sumenep Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha 1444 H
Petugas kesehatan hewan dari DKPP Sumenep melakukan pemeriksaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep mulai melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.


Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Zulfa mengungkapkan, pemeriksaan hewan tersebut merupakan kegiatan rutin menjelang Hari Raya Kurban.


"Pemeriksaan kesehatan ternak ini rutin dilakukan, utamanya menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha yang segera tiba," kata drh. Zulfa, Senin, 12 Juni 2023.


DKPP Sumenep menerjunkan petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke beberapa lokasi. Salah satunya ke lapak-lapak pedagang hewan kurban.


"Kami juga melakukan pemeriksaan hewan kurban di pasar-pasar hewan yang ada di kecamatan," ungkap Zulfa.


Sejauh ini, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan itu mengatakan, Kabupaten Sumenep masih aman dari serangan penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).


Belum ada hewan kurban yang terkena penyakit menular yang disebabkan oleh virus dari keluarga Poxviridae itu.


"Belum ada konfirmasi LSD dari laboratorium berwenang," jelas Zulfa.


Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi kemungkinan menyebarnya LSD pada hewan ternak di Kabupaten Sumenep.


Masyarakat perlu mewaspadai penyakit LSD yang ditandai dengan munculnya benjolan pada kulit sapi, terutama pada bagian leher, punggung, dan perut.


"Kami mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kandang hewan ternak," tegas Zulfa. (*/Rfq)

TerPopuler