Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Rubaru Bentuk FORSIMARU PEKA -->

Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Rubaru Bentuk FORSIMARU PEKA

Selasa, 16 Mei 2023, 3:24 PM
loading...
Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Rubaru Bentuk FORSIMARU PEKA
Pembentukan dan Pemilihan Pengurus Forum Komunikasi Masyarakat Rubaru Peduli Kesehatan (FORSIMARU PEKA), Selasa (16/5/2023). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Guna meningkatkan pelayanan, Puskesmas Rubaru, Kabupaten Sumenep membentuk Forum Komunikasi Masyarakat Rubaru Peduli Kesehatan yang disingkat FORSIMARU PEKA, Selasa, 16 Mei 2023.


Forum tersebut digelar guna menjalin silaturahmi dengan perwakilan tokoh dari seluruh desa di Kecamatan Rubaru untuk membangun sinergi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.


Kepala Puskesmas Rubaru Desy Febryana, S.ST., M.M.Kes. menyampaikan, pertemuan perdana FORSIMARU PEKA dihadiri oleh perwakilan tokoh dari 11 desa di Kecamatan Rubaru sebagai mitra Puskesmas.


"Hari ini kami mengumpulkan para tokoh-tokoh perwakilan masyarakat Kecamatan Rubaru dari 11 desa, itu merupakan perwakilan dari masyarakat Rubaru yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Rubaru Peduli Kesehatan," ungkapnya.


Masyarakat yang tergabung dalam FORSIMARU PEKA merupakan mitra Puskesmas Rubaru yang nantinya akan menjembatani keluhan, kritik dan saran masyarakat kepada Puskesmas.


Sebaliknya, informasi-informasi dari Puskesmas Rubaru kepada masyarakat juga akan terdistribusi melalui mitra yanh tergabung dalam FORSIMARU PEKA.


"Beliau-beliau ini merupakan mitra Puskesmas dalam menjembatani keinginan masyarakat terhadap Puskesmas, begitu juga informasi dari Puskesmas pada masyarakat," jelas Desy Febryana.


Pertemuan tersebut akan rutin dilaksanakan setiap 2 bulan sekali sesuai dengan kesepakatan forum. Dalam waktu dekat, FORSIMARU PEKA juga akan melakukan pertemuan kembali bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan.


"Nanti akan ada pertemuan bersama FORKOPIMKA Rubaru dan insyaallah akan diresmikan bulan ini," ujar Desy.


Pertemuan perdana yang berlangsung di ruang rapat Puskemas Rubaru itu merupakan awal pembentukan FORSIMARU PEKA sekaligus pemilihan pengurus harian yang dilakukan dengan voting.


Forum menetapkan K. Jailani dari Desa Duko sebagai Ketua, Ibu Sami dari Desa  Mandala sebagai Ketua I, dan Hasan Basri perwakilan Puskesmas sebagai Sekretaris.


"Saya berharap forum ini bisa aktif menjadi wadah di masyarakat, sehingga keluhan, aspirasi, saran masyarakat dapat di tampung di forum ini  dan langsung ditindaklanjuti, serta meluruskan informasi-informasi yang tidak benar mengenai pelayanan di Puskesmas," pungkas Kapus Rubaru. (*/WY/Rfq)

TerPopuler