RSUD Sumenep Bakal Bangun Bank Darah -->

RSUD Sumenep Bakal Bangun Bank Darah

Senin, 10 April 2023, 10:41 AM
loading...
RSUD Sumenep Bakal Bangun Bank Darah
RSUD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep. (Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - RSUD dr. H. Moh. Anwar (RSUDMA) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal segera membangun fasilitas Bank Darah.


Pembangunan Bank Darah bertujuan agar pelayanan lebih mudah, efektif dan efisien bagi masyarakat mengakses kebutuhan darah saat melahirkan maupun kecelakaan.


Kasi Humas RSUD Sumenep Arman Endika Putra mengungkapkan, Bank Darah adalah unit pelayanan yang bertanggung jawab atas ketersediaan darah untuk transfusi yang aman, berkualitas dan dalam jumlah cukup.


Keberadaan fasilitas tersebut sangat penting untuk mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.


"Kami akan bangun fasilitas Bank Darah untuk membantu mempercepat pelayanan," kata Arman, Kamis, 6 April 2023.


RSUD Sumenep hendak membangun fasilitas Bank Darah dalam waktu dekat sedianya untuk memudahkan pemenuhan darah yang dibutuhkan oleh pasien.


Meski untuk tahap awal, Bank Darah RSUD Sumenep akan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam penyediaan stok darah, namun itu membuat keluarga pasien tak perlu mengaksesnya sendiri.


"Dengan adanya Bank Darah, masyarakat yang membutuhkan darah tidak perlu repot lagi mengaksesnya secara langsung ke PMI atau ke fasilitas yang lain, kami yang mengakseskan ke PMI," ujar Arman.


Menurut Kasi Humas RSUD Sumenep itu, selama ini pemenuhan kebutuhan darah tidak efisien karena keluarga pasien harus mengakses secara mandiri ke PMI.


Apalagi saat ada pasien yang membutuhkan penanganan cepat, sistem tersebut tidak mendukung efektivitas dan efisiensi pelayanan RSUDMA terhadap si pasien.


"Dengan membangun fasilitas Bank Darah ini, kami berusaha agar darah itu ready. Paling tidak kalau kita fasilitasi seperti itu ya kasus-kasus yang berkaitan dengan kebutuhan darah bisa lebih cepat tertangani," pungkas Arman. (*/Rfq)

TerPopuler