Sumenep Raih Sertifikat Adipura 2022, Ini Komitmen Kepala DLH -->

Sumenep Raih Sertifikat Adipura 2022, Ini Komitmen Kepala DLH

Selasa, 28 Februari 2023, 4:14 PM
loading...
Sumenep Raih Sertifikat Adipura 2022, Ini Komitmen Kepala DLH
Foto bersama Wakil Bupati Nyai Hj. Dewi Khalifah didampingi Kepala DLH Sumenep Arif Susanto bersama rombongan usai menerima Sertifikat Adipura 2022 di Jakarta, Selasa (28/2/2023). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Kabupaten Sumenep meraih penghargaan tingkat Nasional berupa sertifikat Adipura 2022.


Penghargaaan Adipura yang diraih Sumenep kali ini untuk kategori Kota Kecil atas Kinerja Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau Wilayah Kota tahun 2022.


Sertifikat Adipura 2022 itu diterima Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep Arif Susanto selaku pimpinan dinas terkait ikut mendampingi Wabup Nyai Eva menerima penghargaan.


Ia bersyukur Kabupaten Sumenep menerima Sertifikat Adipura dan berharap penghargaaan itu bisa menjadi pendorong semangat untuk tetap meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan.


"Salah satunya melalui pengurangan sampah dan mengolahnya jadi kompos, briket dan lainnya, dengan melibatkan elemen masyarakat serta OPD lainnya," kata Arif Susanto saat dihubungi via telepon, Selasa, 28 Februari 2023 siang.


Kepala DLH Sumenep itu menegaskan, upaya memaksimalkan penanganan lingkungan sesuai dengan Peraturan Menteri LHK Nomor 76 Tahun 2019 membutuhkan partisipasi masyarakat hingga pelosok desa.


Karena itu, pihaknya berharap masyarakat Sumenep ikut berpartisipasi dalam merawat lingkungan, minimal dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan.


"Yang jelas, kami bergotong royong untuk bekerja keras dalam menangani sampah, seperti di pasar, taman kota dan pusat keramaian lainnya," ujar Arif Susanto.


Sementara Wabup Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah berjuang dan bersinergi bersama untuk menciptakan Sumenep bersih dan asri.


Ia mengharapkan, dengan raihan prestasi itu pihak terkait menjadi semangat untuk memprogramkan langkah lanjutan, dalam rangka mendorong pelibatan peran aktif masyarakat agar meningkatkan kesadaran peduli kebersihan lingkungan.


"Menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan targetnya bukan meraih Adipura,  namun yang terpenting adalah membudidayakan dan menanamkan kesadaran supaya berpola hidup bersih dan sehat setiap saat," pesan Wabup. (*/Rfq)

TerPopuler