Festival Kreasi Anak Yatim, Konsep Baru Pemkab Sumenep Peringati Isra Mi'raj 1444 H -->

Festival Kreasi Anak Yatim, Konsep Baru Pemkab Sumenep Peringati Isra Mi'raj 1444 H

Minggu, 19 Februari 2023, 12:12 PM
loading...
Festival Kreasi Anak Yatim, Konsep Baru Pemkab Sumenep Peringati Isra Mi'raj 1444 H
Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama jajaran Forkopimda saat menyerahkan santunan kepada 500 anak yatim, Ahad (19/02/2023). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Festival Kreasi Anak Yatim menjadi konsep baru Pemerintah Kabupaten Sumenep peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H.


Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumenep dengan Dinsos P3A dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).


Memulai acara, Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama jajaran Forkopimda memberikan santunan kepada 500 anak yatim yang diundang pada kegiatan itu.


Wajah-wajah yatama tampak sumringah menerima santunan yang diserahkan oleh Bupati Achmad Fauzi bersama jajaran Forkopimda Sumenep.


Pemerintah Kabupaten Sumenep sengaja mengkolaborasikan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW tahun ini dengan Festival Kreasi Anak Yatim.


Festival yang berlangsung di lingkungan Pendopo Agung Keraton Sumenep itu digelar untuk memberikan ruang kepada anak yatim menunjukkan kemampuan mereka.


Seperti pembacaan doa Khatmil Quran, baca Puisi, Nadzam Imrithi, dan Pildacil.


"Keberadaan anak-anak yatim kita berikan panggung untuk bisa menampilkan apa yang menjadi kemampuan mereka," kata Bupati Achmad Fauzi, Ahad, 19 Februari 2023.


Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja keras melaksanakan Peringatan Isra Mi'raj dan Festival Kreasi Anak Yatim dengan meriah.


Bupati Achmad Fauzi berharap Pemerintah Daerah dan masyarakat Sumenep diberikan diberikan kemampuan untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama, seperti menyantuni anak yatim.


"Selama nafas ini terus berhembus, maka hanya doa yang bisa kita lakukan agar kita selalu berada di jalan yang lurus, jalan yang benar-benar diridhai Allah SWT," ungkapnya.


Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Sumenep Didik Wahyudi menyampaikan, ada tiga tujuan kegiatan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 144 H dan Festival Kreasi Anak Yatim.


Salah satunya, meningkatkan iman dan ketakwaan sebagai umat Islam dengan meneladani peristiwa Isra Mi'raj sehingga kehidupan sehari-sehari lebih berkualitas.


"Yang kedua, sebagai sarana forum silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat. Dengan acara ini kita dapat memetik nilai-nilai dalam peristiwa Isra Mi'raj," ujar Didik Wahyudi.


Selain itu, Festival Kreasi Anak Yatim secara khusus merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam melayani masyarakat.


Wujudnya dengan membantu kesejahteraan anak yatim sekaligus menggali potensi mereka untuk berkreasi dan berinovasi, serta memberikan kontribusi dalam pembangunan Kabupaten Sumenep.


"Rangkaian acara ini dimulai dengan Semaan atau Khotmil Quran pada tanggal 18 Februari di Pendopo oleh 15 huffadz. Hari ini diisi dengan penampilan kreasi anak yatim, hikmah Isra Mi'raj, dan santunan 500 anak yatim masing-masing 150 ribu," tutur Didik.


Tak hanya mendapatkan kesempatan menampilkan skill dan menerima santunan dari Pemkab Sumenep, 500 anak yatim itu juga menerima voucher sebesar 15 ribu untuk belanja di UMKM Pasar Minggu.


Alhasil, kegiatan Peringatan Isra Mi'raj dan Festival Kreasi Anak Yatim itu bak sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.


Selain menyantuni yatama, juga memberikan efek signifikan secara ekonomis kepada para pelaku UMKM di Pasar Minggu. (*/Rfq)

TerPopuler