Begini Langkah Sigap Dinsos P3A Sumenep Atasi Krisis Pangan Kepulauan Masalembu -->

Begini Langkah Sigap Dinsos P3A Sumenep Atasi Krisis Pangan Kepulauan Masalembu

Selasa, 28 Februari 2023, 1:43 PM
loading...
Begini Langkah Sigap Dinsos P3A Sumenep Atasi Krisis Pangan Kepulauan Masalembu
Kepala Dinsos P3A Kabupaten Sumenep, Drs. Achmad Dzulkarnain, MH. (Foto Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Krisis pangan di Kepulauan Masalembu mendapat perhatian serius dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep.


Stok pangan yang menipis di Masalembu itu akibat cuaca ekstrem sepekan terakhir, sehingga membuat aktivitas pelayaran keluar masuk pulau praktis terhenti.


Lumpuhnya akses pelayaran ke pulau gegera cuaca ekstrem mengakibatkan aktivitas pengiriman logistik tersendat.


Akibatnya, ketersediaan pangan dan kebutuhan pokok di kepulauan Sumenep, khususnya Kepulauan Masalembu menipis.


Setidaknya hingga Senin, 27 Februari 2023 kemarin, sejumlah toko dan pasar besar di Masalembu kehabisan stok sembako. Bahkan beras dan minyak goreng menjadi cukup langka di pulau terjauh Sumenep itu.


Penyebab kelangkaan tersebut tentu akibat lonjakan konsumsi rumah tangga di wilayah pulau di musim hujan, sementara pemasok logistik yang sebagian besar dikirim dari pusat kota Sumenep di daratan tersendat.


"Kebutuhan pangan 80% dikirim dari daratan, akibat cuaca buruk siklus pengiriman terputus," kata Khairullah, warga Masalembu, Selasa, 28 Februari 2023.


Pengiriman logistik yang terputus diperparah dengan kondisi masyarakat yang tidak siap sedia menghadapi cuaca ekstrem.


Mereka tak punya langkah antisipatif seperti menyimpan bahan pokok sebagai cadangan ketika musim hujan datang dengan buruk.


"Masyarakat tidak punya rencana cadangan yang layak atau punya sumber daya bahan pokok alternatif," ujar Khairullah saat dikonfirmasi melalui saluran telepon.


Begini Langkah Sigap Dinsos P3A Sumenep Atasi Krisis Pangan Kepulauan Masalembu
Kondisi terkini masyarakat Kepulauan Masalembu ambil buah pisang sebagai sumber pangan alternatif di tengah krisis akibat cuaca ekstrem. (Foto for E-KABARI)


Fenomena krisis pangan di Kepulauan Masalembu itu tentu membuat Pemerintah Kabupaten Sumenep tidak tinggal diam.


Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep langsung gerak cepat.


Saat ini, Dinsos P3A berupaya menemukan solusi agar persoalan menipisnya ketersediaan pangan akibat cuaca ekstrem di Masalembu segera teratasi.


"Akan kami rapatkan terlebih dahulu, karena hal ini juga perlu disampaikan ke Bapak Bupati," ujar Kepala Dinsos P3A Sumenep Achmad Dzulkarnain saat dihubungi via telepon, Selasa, 28 Februari 2023.


Izoel, panggilan akrabnya, membenarkan bahwa penyebab kelangkaan pangan di Masalembu bukan karena permainan pasar, melainkan murni akibat faktor alam.


Namun untuk mengirimkan bantuan tetap memerlukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).


"Karena menggunakan kapal logistik biasa sudah pasti terkendala ombak besar dan angin, kalau dipaksakan nanti malah berisiko fatal," ungkap Dzulkarnain.


Meski begitu, dalam waktu dekat ini bantuan berupa kebutuhan pokok berupa sembako akan segera dikirimkan ke Masalembu.


Saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi sebelum memutuskan mengirim bantuan ke kepulauan tersebut.


"Karena dalam memberikan bantuan itu ada regulasi yang mengatur, kita akan bahas ini dengan pihak-pihak terkait berikut juga soal teknis pengirimannya," pungkas Zoel. (*/Rfq)

TerPopuler