Siapa Sangka 5 Bahan Dapur Ini Mampu Mengobati Badan Pegal dan Sakit -->

Siapa Sangka 5 Bahan Dapur Ini Mampu Mengobati Badan Pegal dan Sakit

Selasa, 03 Januari 2023, 8:02 AM
loading...
Siapa Sangka 5 Bahan Dapur Ini Mampu Mengobati Badan Pegal dan Sakit
Ilustrasi minuman alami dari berbahan rempah dapur. (Shutterstock/aniestia n)


E-KABARI.com - Badan terasa pegal dan sakit semua akibat kerja, bahkan kadang terasa nyeri tanpa sebab? Jangan khawatir, ada ramuan alami dari bahan dapur yang bisa mengobati badan pegal dan sakit.


Jika badan terasa nyeri, pegal dan sakit semua saat bangun tidur pasti sangat jengkel bukan. Karena setelah istirahat semalam seharusnya tubuh segar.


Ketika merasakan seperti itu jangan khawatir, E-AKABARI.com akan berbagi solusi mengobati badan pegal dan sakit.


Dikutip dari akun Instagram @dr.zaidulakbar.resep, Selasa, 3 Januari 2023, mengobati badan pegal dan sakit tak selalu harus ke dokter. Kita bisa minum minuman alami berbahan bumbu dapur.


Mungkin sebagian orang tidak menyangka, berbagai bahan dapur pilihan ini jika dibuat ramuan dengan benar akan menjadi minuman alami yang memberikan manfaat luar bisa untuk kesehatan tubuh.


Salah satu alasan mengapa minuman alami  begitu luar biasa menurut dr Zaidul Akbar karena masing-masing dari mereka datang dengan berbagai manfaat yang dapat digunakan dalam berbagai cara untuk memberi manfaat bagi otak dan tubuh.


Apa saja bahan dapur untuk membuat minuman alami luar biasa itu?


Berikut 5 bahan dapur yang mampu menyembuhkan badan pegal-pegal hanya dengan dibuat minuman.


1. Jahe


Diantara tanaman herbal lainnya, jahe merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang paling populer, bahkan ribuan tahun yang lalu. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan mengurangi gejala berbagai penyakit.


Ketika cuaca dingin dan hujan, orang-orang biasanya minum minuman jahe untuk menghangatkan tubuh. Selain rasanya yang enak, minuman jahe juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati masalah perut seperti mual.


2. Kunyit


Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit. Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.


3. Serai


Serai atau Sereh merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Batang ini begitu khas sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Tanaman ini biasanya ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman obat keluarga (toga) di pekarangan rumah.


4. Jeruk Nipis


Jeruk Nipis dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada Jeruk Nipis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu Anda saat sakit.


Selain vitamin C, Jeruk Nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.


5. Garam Nonrafinasi


Makanan tanpa garam biasanya terasa hambar dan kurang nikmat. Oleh karenanya, penggunaan garam dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dipisahkan.


Namun, garam ternyata juga memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan. Tubuh sangat membutuhkan asupan garam yang cukup untuk menyeimbangkan kadar cairan serta menjalankan fungsi otot dan saraf.


Nah, itulah 5 bahan dapur yang sangat bagus untuk dibuat minuman alami mengobati badan pegal dan sakit.


Adapun cara membuatnya juga sangat mudah. Anda tinggal potong jahe, kunyit dan sereh, tambahkan sedikit garam nonrafinasi, kemudian seduh dengan air panas.


Selanjutnya aduk, lalu diamkan hingga agak hangat. Terakhir, tambahkan perasan
jeruk nipis, boleh juga ditambah madu.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (*)


Penulis: Ndry_Sya
Sumber: Instagram @dr.zaidulakbar.resep
Editor: Rafiqi

TerPopuler