Ladies, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Datang Tamu Bulanan -->

Ladies, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Datang Tamu Bulanan

Rabu, 04 Januari 2023, 8:12 AM
loading...
Ladies, Hindari 4 Hal Ini Saat Datang Tamu Bulanan
Ilustrasi 4 hal yang sebaiknya dihindari wanita saat datang bulan. (Shutterstock)


E-KABARI.com - Setiap wanita akan merasakan hal yang tidak nyaman ketika datang tamu bulanan (menstruasi). Ya, menstruasi menjadi tamu bulanan yang tak pernah absen bagi perempuan.


Menstruasi atau haid terjadi pada perempuan mulai dari usia remaja sampai menopause. Datangnya tamu bulanan tersebut pasti memberikan efek bagi wanita, seperti halnya sakit perut, nafsu makan tinggi, emosi dan rasa malas.


Menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala (umumnya setiap bulan) dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.


Kondisi tersebut pertama kali dialami anak perempuan biasanya pada usia 10–15 tahun. Menstruasi juga menjadi tanda bahwa seorang perempuan telah memasuki masa remaja atau aqil baligh menurut Islam.


Mengingat menstruasi berhubungan erat dengan kondisi fisiologis, maka perempuan perlu memerhatikan kesehatan fisiknya ketika kedatangan tamu bulanan. Termasuk mengenali apa yang harusnya dihindari ketika fase bulanan tersebut.


Nah, ladies, tahukah kamu apa yang harus dihindari saat tamu bulanan itu datang?


Ya, ternyata ada beberapa hal yang harus dihindari wanita saat datang tamu bulanan.


Mengutip postingan akun Instagram @seputar.kesehatan_, Rabu, 4 Januari 2023,
wanita yang sedang menstruasi harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, juga pola istirahat.


Setidaknya ada 4 hal yang harus dihindari wanita saat datang tamu bulanan. Jadi ladies, agar tubuhmu tetap sehat, sebaiknya hindari 4 hal berikut ini saat haid ya.


1. Begadang


Begadang bisa mengganggu kesehatan. Apalagi saat kamu melakukannya ketika sedang menstruasi, itu tidak bagus.


2. Minum Air Soda


Minum air soda juga menjadi ide yang buruk saat menstruasi. Karena kebiasaan ini bisa menyebabkan darah menstruasi tertinggal di dinding rahim dan akan menyebabkan pembentukan kista atau sel kanker.


3. Telat Makan


Jadwal makan yang tidak teratur tetap saja bisa membahayakan kesehatan tubuh. Apalagi jika kamu melakukannya saat menstruasi, itu bisa membuatmu lemas. Pasalnya ketika mens kamu butuh banyak energi untuk beraktivitas normal.


4. Mengonsumsi Fast Food


Fast food atau makanan cepat saji yang dikonsumsi saat menstruasi bukanlah ide yang baik. Sebabnya makanan ini kaya akan garam yang justru akan semakin memperburuk perut yang kembung.


Nah seperti itulah ladies, 4 hal yang harus kamu hindari saat datang tamu bulanan. Catat baik-baik ya! Semoga bermanfaat. (*)


Penulis: Ndry_Sya
Sumber: Instagram @seputar.kesehatan_
Editor: King93

TerPopuler