Kapal Yacht Berbendera Finlandia hanyut hingga ke Perairan Sumenep -->

Kapal Yacht Berbendera Finlandia hanyut hingga ke Perairan Sumenep

Senin, 30 Januari 2023, 6:28 AM
loading...
Kapal Yacht Berbendera Finlandia hanyut hingga ke Perairan Sumenep
Evakuasi Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia yang terhanyut dari perairan Bawean, Gersik hingga ke perairan Sumenep, Ahad (29/1/2023). (Foto Dok. Humas Polres Sumenep) 


SUMENEP, E-KABARI.com - Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia terhanyut dari perairan Bawean, Gersik hingga ke perairan Pulau Giliyang, Sumenep, Madura.


Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia tersebut terhanyut hingga ke perairan Sunenep akibat mengalami mesin mati di wilayah perairan Bawean, Gersik.


Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko mengungkapkan, Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia mengalami mesin mati di perairan Pulau Bawean, Gersik itu terjadi pada Jumat, 27 Januari 2023 lalu.


Kemudian, pada Sabtu, 28 Januari 2023 sekira pukul 07.00 WIB, KN. SAR Permadi melakukan pertolongan SAR dengan cara Towing di timur Pulau Bawean.


Sayangnya, upaya evakuasi terhadap Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia itu gagal karena cuaca yang kurang mendukung.


Akibatnya, kapal wisata asing berpenumpang dua warga Finlandia itu terombang-ambing di lautan hingga terhanyut ke perairan Pantura Madura.


Namun, mereka berusaha tetap berkomunikasi dengan Kansar Surabaya setiap 2 jam sekali dengan telepon satelit.


"Setiap 2 jam sekali, awak kapal menginfokan posisi kapal Yacht serta berusaha membentangkan layar kapal agar bisa mencapai daratan di wilayah perairan Sumenep namun gagal karena minimnya embusan angin," kata AKBP Edo Satya Kentriko, Senin, 30 Januari 2023 pagi.


Minggu siang, sekitar pukul 12.55 Wib Basarnas Sumenep melakukan koordinasi dengan Satpolairud Polres Sumenep dan Personel Sat Airud agar melakukan pemetaan perairan Pantura Sumenep.


Selain itu, Basarnas juga meminta bantuan komunikasi untuk menyebar luaskan info tersebut kepada komunitas / jaringan nelayan untuk monitoring kapal Yacht Canace asal Finlandia tersebut.


Sebab, posisi Kapal Yacht berada di koordinat 6° 29' 32.73'' S - 114° 23' 35.51'' E atau 33 mill laut sebelah utara dari daratan Pulau Giliyang, Dungkek, Sumenep.


"Sekitar pukul 14.10 WIB KN. SAR Permadi berhasil menemukan Kapal Yacht tersebut dan selanjutnya dilakukan Towing menuju Pelabuhan Kalianget," jelas Edo.


Proses evakuasi Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia itu berlangsung hingga Senin, 30 Januari 2023 dini hari.


Kapal Yacht Canace beserta 2 awak kapal warga negara Finlandia bersandar di Pelabuhan PT. Garam Kalianget sekitar pukul 01.25 WIB dalam keadaan aman dan sehat.


"Dua orang awak kapal bernama Hanna Maria Niemi dan Veikko Hautanen asal Finlandia berhasil dievakuasi dengan selamat. Kerugian materi hanya mesin yang mati," tutur Kapolres Sumenep. (Rfq)

TerPopuler