Dukung Program UHC, Dinkes Pamekasan Lengkapi Sarpras RSUD Waru -->

Dukung Program UHC, Dinkes Pamekasan Lengkapi Sarpras RSUD Waru

Rabu, 04 Januari 2023, 12:49 PM
loading...
Dukung Program UHC, Dinkes Pamekasan Lengkapi Sarpras RSUD Waru
Kepala Dinkes Pamekasan, dr. Saifuddin. (Istimewa)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan saat ini sedang berupaya memperbaiki sarana dan prasarana (sarpras) RSUD Waru.


Upaya melengkapi sarpras tersebut bertujuan supaya RSUD Waru bisa menjadi mitra BPJS Kesehatan guna mendukung program Universal Health Coverage (UHC) yang akan diterapkan Pemerintah Daerah mulai Sabtu, 7 Januari 2023.


Kepala Dinkes Pamekasan dr Saifuddin mengungkapkan, pihaknya sudah melengkapi kebutuhan sarpras RSUD Waru yang menjadi prasyarat menjalin kemitraan dengan BPJS Kesehatan.


"Kekurangan sarana dan prasarana yang menjadi prasyarat kemitraan sudah kami lengkapi, seperti surat izin praktek dokter anak dan fasilitas di ruang ICU," kata dr Saifuddin, Rabu, 4 Januari 2023.


Selain itu, pihaknya saat ini sudah melakukan pendampingan terhadap RSUD Waru dengan melakukan beberapa cara. Salah satunya menerbitkan DrSpA.


"Kami sudah menerbitkan DrSpA serta memastikan sarpras terpenuhi sebagai persyaratan PKS RSUD Waru dengan pihak BPJS," terang dr Saifuddin.


Tidak hanya itu, DPRD Pamekasan juga telah memanggil Dinkes untuk membahas terkait pemutusan kerja sama kemitraan dalam penyelenggaraan layanan kesehatan pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) antara BPJS Kesehatan dengan RSUD Waru.


Saifuddin mengaku telah meminta petugas khusus dalam menangani kekurangan sarpras tersebut, sehingga RSUD Waru bisa kembali menjadi mitra BPJS Kesehatan.


"Harapan kami semua persyaratan sudah selesai sebelum pelaksanaan program UHC, atau maksimal saat program UHC diberlakukan nanti pada tanggal 7 Januari 2023," pungkas Saifuddin. (Ir/Rfq)

TerPopuler