5 Kuliner Ini Wajib Kamu Cicipi Jika ke Jogja -->

5 Kuliner Ini Wajib Kamu Cicipi Jika ke Jogja

Sabtu, 07 Januari 2023, 8:41 AM
loading...
5 Kuliner Ini Wajib Kamu Cicipi Jika ke Jogja
Gudeg, salah satu kuliner khas Jogja. (Instagram @gudegmanggarluwengkayu)


E-KABARI.com - Berwisata ke suatu tempat tidak akan lengkap tanpa merasakan kulinernya. Begitu pula jika kamu ke Jogja, banyak kuliner khas yang wajib kamu cicipi.

Sudah tak asing bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang populer disebut Jogja merupakan salah satu provinsi tujuan wisata yang sangat ramai pengunjung.


Itu karena selain bertatus sebagai kota budaya dan kota pelajar, banyak tempat asyik di Jogja untuk dikunjungi juga beberapa makan sangat khas yang sangat sayang sekali jika sampai dilewatkan.


Di samping destinasi wisatanya, Jogja memang sangat terkenal dengan kuliner khasnya. Bahkan jika mendengar kata Jogja, pasti langsung terbesit Gudeg.


Ya, makanan yang memiliki cita rasa manis dan gurih yang menggoyang lidah ini sudah menjadi ikon Jogja. Tak heran Kota Gudeg pun jadi salah satu julukannya.


Berkunjung ke Yogyakarta rasanya memang tidak lengkap tanpa menyantap kuliner khas yang menggugah selera.


Tidak hanya Gudeg, masih banyak makanan khas Yogyakarta lainnya. Berikut E-KABARI rangkum dari berbagai sumber mengenai kuliner khas Jojga yang wajib kamu cicipi.


1. Gudeg



Mendengar kata Gudeg, pastinya langsung mengingatkan kita dengan Yogyakarta. Menu khas ini dibuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan dalam waktu yang cukup lama. Dengan rasa yang cenderung manis, sehingga menjadikan gudeg digemari banyak orang.


Makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba ini biasanya dimakan bersama nasi dan disajikan dengan kuah santan kental atau areh, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Meski berasal dari Yogyakarta, tetapi sejumlah kota di Jawa Tengah dan beberapa wilayah Indonesia lainnya juga sudah banyak memproduksi gudeg, salah satunya adalah Kota Solo.


Hanya saja, Gudeg Solo berbeda dengan Gudeg asal Yogyakarta. Untuk Gudeg Yogyakarta mempunyai sajian cenderung kering dan tahan lama dibandingkan Gudeg Solo atau daerah lainnya. Di Yogyakarta, salah satu gudeg yang paling terkenal adalah Gudeg Yu Djum yang kedainya tersebar di sejumlah sudut Kota Jogja.


2. Sate Klatak


Banyak yang mengira jika Sate Klatak adalah sate katak, karena namanya yang memang terdengar seperti katak. Padahal, sate ini dibuat dari daging kambing yang dibumbui sejumlah rempah, kemudian ditusuk menggunakan jeruji besi bukan tusuk sate biasa yang terbuat dari bambu.


Sate Klatak dianggap sebagai makanan khas Yogyakarta yang unik karena menggunakan jari–jari roda sepeda untuk tusukannya. Tidak sembarangan asal pakai, jeruji besi dipilih karena dianggap mampu menghantarkan panas dengan baik. Dengan begitu, saat proses pembakaran sate bagian dalam daging juga matang sempurna.


3. Tiwul


Kuliner khas Yogyakarta selanjutnya adalah nasi Tiwul. Makanan ini berasal dari Kabupaten Gunungkidul. Olahan pengganti nasi ini terbuat dari singkong dan muncul pada zaman penjajahan Jepang. Saat itu, harga beras cukup mahal dan membuat masyarakat sulit membelinya, maka muncul inovasi menu pengganti nasi yaitu Tiwul.


Namun, kini Tiwul menjadi primadona bahkan menjadi ciri khas makanan Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar. Bahkan, sudah ada Tiwul dalam bentuk instan agar bisa dibuat dengan cepat.


4. Belalang Goreng


Walang Goreng atau Belalang Goreng merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang cukup ekstrem untuk dicoba. Kuliner unik yang satu ini berbahan dasar belalang yang digoreng kering dan renyah saat dimakan.


Meskipun terdengar aneh, tetapi walang mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 gram penyajian, Belalang Goreng mengandung 14 gram protein dan hampir menyamai kandungan pada ikan Salmon.


Kita juga bisa membawa walang goreng sebagai oleh-oleh hasil berlibur dari Yogyakarta. Walang goreng dapat dijadikan sebagai cemilan atau bisa juga dinikmati bersama nasi hangat.


5. Nasi Kucing


Jogja juga terkenal dengan angkringan yang menjual berbagai makanan dengan harga murah seperti misalnya Nasi Kucing. Nasi Kucing atau sering disebut Sego Kucing ini mempunyai ciri khas porsinya yang sedikit seperti porsi makan seekor kucing.


Biasanya Nasi Kucing disajikan bersama dengan sambal tempe, sambal teri atau tumis jamur yang dibungkus menggunakan daun pisang. Tambahan seperti sate usus, sate telur, sate brutu dan gorengan bisa jadi teman makan nasi kucing Jogja ini.


Bukan hanya porsinya, harga Nasi Kucing pun sangat murah yakni hanya Rp 2000. Jika kamu ingin menikmati hidangan khas Jogja ini cukup datang aja ke angkringan yang tersebar luas di sekitaran Jogja.


Itulah 5 kuliner yang wajib kamu cicipi jika pelesir ke Jogja. Jangan lupa ya! (*)


Penulis: Ndry_Sya
Sumber: Berbagai Sumber
Editor: Rafiqi

TerPopuler