5 Ajaran Rasulullah SAW di Hari Jumat -->

5 Ajaran Rasulullah SAW di Hari Jumat

Jumat, 06 Januari 2023, 9:31 AM
loading...
5 Ajaran Rasulullah SAW di Hari Jumat
Ilustrasi orang beribadah pada hari Jumat. (Pexels/Fuzail Ahmad)


E-KABARI.com - Hari Jumat bagi orang Islam menjadi hari istimewa karena merupakan rajanya hari. Tak heran jika ada ajaran Rasulullah SAW di hari Jumat.


Ada banyak keutamaan hari Jumat dalam kepercayaan umat muslim. Berbagai peristiwa penting juga terjadi pada hari tersebut, mulai dari diciptakannya Nabi Adam hingga terjadinya kiamat.


Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, hari Jumat adalah hari terbaik dari semua hari yang ada. Meskipun demikian, tidak ada hari terburuk dalam Islam karena pada dasarnya semua hari adalah waktu yang baik untuk melakukan ibadah dan amalan.


Pada hari Jumat, banyak umat muslim melaksanakan sunnah yang sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW. Ada banyak sunnah yang dianjurkan Rasul, salah satunya membaca shalawat dan bersedekah.


Berikut E-KABARI.com telah rangkum dari berbagai sumber 5 ajaran Rasulullah SAW di hari Jumat yang istimewa.


1. Memperbanyak bacaan Shalawat


Membaca shalawat Nabi merupakan sunnah yang bisa dilakukan kapan saja dan di hari apa saja. Namun, pahalanya akan lebih besar jika dibaca pada hari Jumat, khususnya pada Kamis malam Jumat.


Tak hanya pahala berlipat ganda yang akan didapatkan dengan memperbanyak bacaan shalawat, melainkan juga posisi istimewa karena berdekatan dengan Nabi Muhammad SAW saat di akhirat nanti.


Semua umat muslim pasti ingin mendapatkan tempat yang dekat dengan Rasulullah bukan? Maka dengan memperbanyak bacaan shalawat Nabi, kita bisa memperoleh kelak di akhirat.


Berikut ini hadis Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan pernyataan tersebut.


"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak bershawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti," (HR Al-Baihaqi).


2. Memanjatkan doa


Setiap orang pasti memiliki hajat dan keinginan. Untuk mewujudkannya kita harus berdoa kepada Allah SWT. Ada amalan hari Jumat agar doa terkabul, yaitu dengan memperbanyak dzikir dan doa.


Dzikir bertujuan untuk mengingat Allah SWT. Dengan kita mengingat-Nya, maka Allah SWT juga akan mengingat kita.


Berikut ayat Al Quran yang menyerukan agar umat muslim mengingat Allah SWT:


"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…," (QS Al Jumu'ah: 9).


Seperti yang telah dijelaskan dalam keutamaan hari Jumat di atas, Jumat adalah hari yang mustajab untuk memanjatkan doa. Jadi bila ingin hajat dan keinginan segera dikabulkan oleh Allah SWT, sebaiknya perbanyak doa di hari tersebut.


Berikut hadis Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan pernyataan tersebut:


"Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya," (HR Bukhari).


3. Membaca Al Quran


Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang dijadikan pedoman dan pembimbing dalam menjalankan berbagai urusan. Membaca Al Quran akan membuat kita memahami lebih banyak hal tentang syariat Islam.


Di hari Jumat, umat muslim tidak hanya dianjurkan bershalawat, berdzikir, dan berdoa, tapi juga disarankan membaca Al Quran. Sunnah hari Jumat satu ini bisa dikejar oleh para wanita, sama seperti sunnah-sunnah sebelumnya.


Membaca Al Quran di hari Jumat tidak hanya memperbanyak pahala, tapi juga akan meningkatkan pemahaman dan ketakwaan kita terhadap Allah SWT.


Berikut hadis yang menjelaskan tentang pahala yang dilipatgandakan. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Ja'far Shadiq:


"Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal saleh dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat. Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia."


4. Memakai minyak wangi dan pakaian bagus


Rasulullah SAW mengajarkan umatnya agar memakai pakaian bagus saat menjalankan shalat Jumat. Selain dianjurkan memakai pakaian bagus, Nabi juga menyarankan para pria menggunakan minyak wangi sebelum pergi berangkat shalat Jumat.


Hal tersebut telah beliau sampaikan di dalam sebuah hadis berikut ini:


"Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja," (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).


Sementara untuk hadis yang menganjurkan pria memakai minyak wangi sebelum pergi shalat Jumat, telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dalam hadis berikut:


"Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya. Dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya." (HR. Bukhari dan Muslim).


5. Membaca surat Al Kahfi


Bagi para wanita yang ingin melakukan sunnah hari Jumat bisa membaca Surat Al Kahfi. Membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat bisa dilakukan mulai hari Kamis setelah matahari terbenam hingga hari Jumat sebelum matahari terbenam.


Orang-orang yang membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat akan diberikan pancaran cahaya oleh Allah SWT. Berikut ini hadis yang menjelaskan tentang hal tersebut:


"Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dua Jumat," (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani).


Itulah 5 ajaran Rasulullah SAW di hari Jumat. Semoga kita bisa melaksanakannya. (*)


Penulis: Lis_Sya
Sumber: Berbagai Sumber
Editor: Rafiqi

TerPopuler