Tanah Longsor dan Rumah Roboh di Basoka Rubaru, Ini Penyebabnya -->

Tanah Longsor dan Rumah Roboh di Basoka Rubaru, Ini Penyebabnya

Sabtu, 31 Desember 2022, 9:09 PM
loading...
Tanah Longsor dan Rumah Roboh di Basoka Rubaru, Ini Penyebabnya
Kondisi tanah longsor dan rumah yang roboh akibat hujan dan angin di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Sumenep, Sabtu (31/12/2022). (Foto Dok. Humas Polres Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Tanah longsor dan rumah roboh terjadi di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Sabtu, 31 Desember 2022 sore.


Peristiwa tersebut terjadi akibat cuaca buruk, hujan deras disertai angin kencang sejak pukul 10.00 - 16.00 WIB.


Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S mengungkapkan, tanah longsor di Basoka itu terjadi sekira pukul 15.00 WIB.


Tanah berupa ladang yang longsor diketahui milik Muji, warga Dusun Batuguluk, Desa Basoka, Kecamatan Rubaru.


"Tanah longsor sempat menutupi jalan desa, namun oleh warga secara gotong royong dilakukan pembersihan tanah dan akses jalan sudah bisa digunakan," kata AKP Widiarti, Sabtu, 31 Desember 2022 malam.


Setengah jam dari kejadian tanah longsor, sebuah rumah di dusun yang sama roboh. Rumah tersebut diketahui mikik Sadik (71).


Rumah berupa bangunan kuno dengan kondisi rapuh itu roboh sekira pukul 15.30 WIB. Beruntung saat kejadian pemilik sedang berada di masjid setempat.


"Penghuni rumah itu yakni Pak Sadik beserta istrinya Safiatun memang sering menempati di Masjid Nurussafaah ketika hujan disertai angin," jelas AKP Widiarti.


Tidak ada korban jiwa dalam kejadian rumah roboh di Basoka tersebut. Namun pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian materiil sekitar Rp 20 juta.


Kepala Desa Basoka Ach. Suhdi beserta beserta warga setempat dibantu anggota Polsek dan Koramil Rubaru turun ke lokasi membantu evakuasi.


Namun karena cuaca buruk, hujan deras dan angin kencang, kegiatan bantuan evakuasi rumah roboh itu akan dilanjutkan besok, Minggu, 1 Januari 2023. (Rfq)

TerPopuler