Status Gunung Semeru Naik Level Jadi Awas -->

Status Gunung Semeru Naik Level Jadi Awas

Minggu, 04 Desember 2022, 10:30 PM
loading...
Status Gunung Semeru Naik Level Jadi Awas
Gunung Semeru ditetapkan status awas setelah luncurkan awan panas sejauh 7 km, Ahad (4/12/2022). (Foto: Dok. BNPB)


LUMAJANG, E-KABARI.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan status Gunung Semeru naik level menjadi awas (level IV), Ahad, 4 Desember 2022.


Status gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur itu dinaikkan dari Siaga setelah meletus dan mengeluarkan awan panas yang meluncur hingga 7 kilometer.


"Status Gunung Semeru dinaikkan dari Siaga (Level 3) menjadi Awas (Level 4) terhitung hari Minggu 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan, Minggu, seperti dilansir detikcom dari Antara.


PVMBG mencatat bahwa pada hari ini ada erupsi disertai awan panas guguran yang terjadi di Gunung Semeru pada pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom erupsi mencapai 1.500 meter di atas puncak.


Sumber awan panas guguran berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Seloko).


Muntahan awan panas berlangsung terus menerus hingga pukul 06:00 WIB luncuran itu mencapai sejauh 7 km dari puncak ke arah Besuk Kobokan ke wilayah permukiman.


Sejak pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB, aktivitas kegempaan terekam sebanyak delapan kali gempa letusan dan satu kali gempa awan panas guguran.


Hendra menjelaskan situasi itu menunjukkan aktivitas erupsi dan awan panas guguran di Gunung Semeru masih sangat tinggi.


"Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunung Semeru," jelasnya.


Melihat dari proses magma dalam kantong magma maupun permukaan, pemantauan defirmasi menunjukkan masih ada terjadinya inflasi atau peningkatan tekanan.


Pemantauan area panas atau hotspot menunjukkan peningkatan adanya anomali thermal menjadi 15 Mw di sekitar area kawah yang mengindikasikan masih ada tumpukan material panas pada kawah Semeru.


Tingkatan status gunung berapi sendiri ada empat, yakni dari yang paling rendah, Normal (Level 1), Waspada (Level 2), Siaga (level 3) dan Awas (Level 4). (Dtk/Ant/Syarif/Rfq)

TerPopuler