Program Sango, Cara ARK dan NU Lenteng Barat Peduli Pendidikan -->

Program Sango, Cara ARK dan NU Lenteng Barat Peduli Pendidikan

Sabtu, 03 Desember 2022, 2:18 PM
loading...
Program Sango, Cara ARK dan NU Lenteng Barat Peduli Pendidikan
Ketua Ranting NU Lenteng Barat, K. M. Sukran Hamidy saat menyerahkan program Sango kepada penerima, Sabtu (3/12/2022). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Ranting NU Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng, Sumenep berkolaborasi dengan Arrahmah Rumah Kita (ARK) menggelar aksi sosial pendidikan berupa peduli santri dan pelajar yang berkebutuhan Sango (uang saku).


ARK merupakan komunitas anak muda yang dihuni mayoritas pelajar yang memiliki kepedulian terhadap anak dengan uang saku pas-pasan hingga kehilangan orientasi belajar dan bahkan terancam putus sekolah.


Para anggota ARK rela menyisihkan uang sakunya sekali dalam seminggu ditabung untuk disalurkan pada kegiatan sosial.


"ARK tak ingin ada anak usia sekolah yang gagal mencari ilmu karena hanya karena tak ada uang saku," kata Direktur ARK, Qutwatul Hasna, Sabtu, 3 Desember 2022.


Sasaran ARK tidak hanya sebatas anak yatim, tapi juga untuk warga prasejahtera. ARK lebih memilih term prasejahtera dari pada duafa.


"Kriteria penerima program Sango adalah Santri atau Siswa Madrasah yang sedang menempuh pendidikan formal maupun nonformal. Penerima merupakan pelajar dari keluarga prasejahtera dan yatim yang masuk katagori prasejahtera," jelas Hasna.


Penerima manfaat dilakukan secara selektif agar betul-betul tepat guna. Juga bukan dapat bantuan pendidikan, tapi dibelikan paket data atau HP atau keperluan lainnya.


ARK bersama PRNU Lenteng Barat berkolaborasi dalam melaksanakan Program Sango (uang saku). Uang saku diberikan kepada pihak sekolah tempat penerima menempuh pendidikan untuk diberikan setiap hari dengan nominal Rp 5.000.


"Jadi, penerima manfaat tidak menerima langsung cash, melainkan diberikan setiap hari oleh pendamping yang ditunjuk oleh pihak sekolah," tutur Hasna usai penyerahan Sango pada Pelantikan Pengurus NU Ranting Lenteng Barat Masa Khidmat 2022-2027.


Fatimatuzzahrah siswi kelas IX MTs Al-Falah dan Rofiki siswa kelas 5 MI Darul Ulum adalah penerima program Sango. Keduanya, kata Hasna, menerima uang saku harian Rp 1.500.000 untuk satu tahun.


"Program ini berkelanjutan. Dan bisa mendapatkan Beasiswa Prestasi jika siswa dalam binaan ARK memiliki kemampuan di bidang Nahwu dan baca kitab kuning," urainya.


Sementara itu, Ketua Ranting NU Lenteng Barat, K. M. Sukran Hamidy berkomitmen agar NU Ranting ke depan menyeimbangkan antara aksi sosial dan kegiatan seremonial.


"Pemberian Sango harian dan Sedekah Kreatif Jalan-Jalan Sehat Santri di gelaran Peringatan Hari Santri Nasional bulan lalu adalah bagian kecil dari awal aksi sosial kami," kata Kiai Sukran kepada media.


Kegiatan tersebut mendapat apresiasi Ketua PCNU Sumenep, KH Pandji Taufiq. Menurutnya, NU Ranting ke depan juga harus mengurus persoalan sosial kemasyarakatan.


"Jangan sampai ada orang sakit di Lenteng Barat tidak ada yang mengurus," kata Ketua PCNU Sumenep, KH Pandji Taufiq.


Pihaknya berharap, NU Ranting Lenteng Barat Menjadi pionir bagi ranting-ranting yang lain untuk pemberdayaan masyarakat.


Dukungan senada juga disampaikan KH Musleh Adnan, yang hadir dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Pelantikan NU Lenteng Barat  itu sebagai penceramah.


"Semoga program Sango besutan NU Ranting Lenteng Barat kerjasama dengan ARK bisa menginspirasi pada kita semua untuk juga turut melakukannya hal yang sama," harap Kiai Musleh Adnan. (As/Rfq)

TerPopuler