Pesan Gus Halim pada Pendamping Desa, Masyarakat Juga Harus Tahu! -->

Pesan Gus Halim pada Pendamping Desa, Masyarakat Juga Harus Tahu!

Kamis, 01 Desember 2022, 8:48 AM
loading...
Pendamping Desa Harus Adopsi Sistem Digital
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar membuka seminar The first International Conference on Empowerment of Rural Communities, Rabu (30/11/2022). (Foto Dok. Kemendes PDTT)


JAKARTA, E-KABARI.com – Ada pesan penting dari Gus Halim alias Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar pada Pendamping Desa.


Gus Halim meminta para pendamping desa untuk mengadopsi sistem digital dalam pelaksanaan pendampingan.


Ia menjelaskan, para pendamping desa harus adopsi sistem digital ini agar sesuai dengan tuntutan zaman, di mana digitalisasi menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan.


"Oleh karena itu, masyarakat desa pun dituntut untuk bisa beradaptasi secara cepat dan tepat," kata Gus Halim saat membuka seminar The first International Conference on Empowerment of Rural Communities di Jakarta, Rabu, 30 November 2022 kemarin.


Kemudian, ia menegaskan pentingnya pengaturan dalam sinergi pemberdayaan. Menurut Gus Halim, kegiatan pemberdayaan perlu juga mengadaptasi sistem digital, perlu penguatan dan pembelajaran. Bahkan, penting juga kegiatan pemberdayaan menangkap berbagai praktik baik dari lapangan untuk dapat direplikasi di lapangan lainnya.


"Dengan demikian, sinergi kegiatan pemberdayaan dan pendampingan berjalan dengan baik, cepat mencapai tujuan pembangunan, sesuai dengan kaidah-kaidah pemberdayaan, serta dapat menjawab tantangan zaman saat ini," jelas Gus Halim.


Mendes PDTT juga menekankan pentingnya sinergitas dalam melaksanakan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat desa. Hal ini bertujuan agar cita-cita desa menjadi mandiri dapat terwujud.


Selain itu, Gus Halim menekankan pentingnya pihak-pihak terkait untuk terlibat di dalamnya. Di antaranya supra desa, pemerintah daerah, kampus, swasta, serta pihak-pihak lain.


"Karena itu, perlu keterlibatan semua stakeholder desa, perlu peran supra desa, pemerintah daerah, kampus, swasta, serta pihak-pihak lain yang memiliki konsentrasi dan komitmen untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa agar warga desa cepat mandiri," tegas Gus Halim.


Menurut peraih Doktor Honoris Causa dari UNY itu, pembangunan di desa harus dilaksanakan dengan pendampingan secara penuh oleh aktor terkait.


Para aktor tersebut, yakni tenaga pendamping profesional, fasilitator transmigrasi, pendamping TEKAD, duta digital, kader digital, serta kader pemberdayaan masyarakat desa, termasuk kader kampung.


Seminar The first International Conference on Empowerment of Rural Communities diikuti lebih dari seribu peserta secara daring dari berbagai daerah dan desa. (Rfq)

TerPopuler