Ingin Paru-Paru Sehat, Lakukan Tips Berikut Ini -->

Ingin Paru-Paru Sehat, Lakukan Tips Berikut Ini

Selasa, 20 Desember 2022, 7:47 AM
loading...
Ingin Paru-Paru Sehat, Lakukan Tips Berikut Ini
Ilustrasi paru-paru, salah satu organ vital pada tubuh manusia. (Shutterstock)


E-KABARI.com - Paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Tepatnya merupakan organ respirasi (pernapasan) yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi (peredaran darah).


Fungsi utama dari organ ini adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Jika paru-paru terganggu fungsinya, maka kesehatan tubuh manusia bisa terpengaruh secara keseluruhan.


Tak heran penyakit pada paru-paru seperti flek atau Tubercolosis (TBC) merupakan masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi semua orang. Hal ini karena mudahnya penularan virus dan bakteri yang berasal dari organ tersebut serta lamanya masa penyembuhan.


Namun, dr Zaidul Akbar membagikan tips untuk menjaga agar paru-paru tetap sehat, khususnya mengobati penyakit paru-paru dengan cara terapi alami.


Bagaimana cara melakukan terapi alami ini?


Terapi alami pada paru paru (flek/TBC) bisa dilakukan dengan konsumsi kurma Ajwa setiap hari dan terapi dengan uap habbatussauda. Kedua terapi ini perlu dilakukan setiap pagi dan sore.


Kurma Ajwa berfungsi mempercepat proses regenerasi sel paru-paru. Sementara habbatussauda berfungsi membunuh virus dan bakteri serta mencegah perkembangannya sembari meningkatkan imun dalam tubuh.


Berikut cara terapi uap habbatussauda:


1. Siapkan dalam mangkuk besar air panas
2. 1-2 sdm minyak habbatussauda
3. Hirup panjang uapnya sambil tutup kepala dengan handuk
4. Lakukan 2x sehari


Terapi uap dengan minyak habbatussauda bisa untuk mengobati berbagai penyakit, seperti pilek, flu, asma, sinusitis, jerawat, bronkitis dan masalah paru-paru lainnya.


Selain tips di atas, menjaga paru-paru tetap sehat juga bisa dilakukan dengan merutinkan latihan dengan menarik napas panjang, lalu keluarkan lewat hidung sambil dihentakkan. Lakukan latihan ini setiap sebelum subuh.


Jangan lupa juga, jaga adab saat batuk dan bersin supaya tidak menjadi penyebab penularan virus dan penyakit. (*)


Penulis: Ndry_Sya
Sumber: Instagram @dr.zaidulakbar
Editor: King93

TerPopuler