4 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Salah Satunya Mengabulkan Harapan -->

4 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Salah Satunya Mengabulkan Harapan

Jumat, 09 Desember 2022, 8:40 AM
loading...
4 Amalan Sunnah di Hari Jumat
Ilustrasi berdoa di hari Jumat. (Unsplash.com)


E-KABARI.com - Hari Jumat merupakan pemimpin bagi hari yang lain. Tak heran jika banyak ulama mengistimewakannya dengan memperbanyak amalan sunnah di hari Jumat.


Umat Islam pun dianjurkan agar melakukan berbagai amalan sunnah di hari Jumat. Salah satunya memperbayak doa dan shalawat agar mendapatkan syafaat dari Baginda Nabi.


Imam al Ghazali dalam I'anah at-Thalibin menyampaikan keistimewaan hari Jumat, sehingga para ulama memperbanyak amalan sunnah di hari yang mulia ini.


Keistimewaan itu berupa sebuah waktu yang apabila berdoa di dalamnya, maka Allah SWT akan mengabulan doa-doa tersebut.


"Pada hari ini (Jumat) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya." (Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz. 2, hal. 63, Dar Al-Fikr).


Mengingat para ulama memanfaatkan keistimewaan hari Jumat dengan cara memperbanyak amalan sunnah, berikut 4 amalan sunnah di hari Jumat seperti dilansir dari detikcom, Jumat, 9 Desember 2022.


4 Amalan Sunnah di Hari Jumat


1. Membaca Surat Al-Kahfi


Membaca surat Al-Kahfi adalah amalan di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW. Hal ini dijelaskan dalam beberapa hadis bahwa umat muslim disarankan untuk membaca surat ke-18 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 110 ayat alias surat Al-Kahfi.


Jika merasa kesulitan membacanya satu surat sekaligus, Syekh Ali Jaber mengatakan boleh dibagi-bagi. Sementara bagi mereka yang belum bisa membaca Al-Qur'an bisa mendengarkan murottalnya.


Jadi bagaimana, amalan sunnah di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW ini tidak menyulitkan bukan?


"Misalnya setelah Subuh baca satu halaman, sebelum Dzuhur baca lagi dua halaman, sisanya dibaca ketika selesai shalat Asar. Kalau belum bisa membaca (Al-Qur'an), boleh menyimak atau lewat HP murottal surat Al-Kahf. Orang yang menyimak Al Qur'an sama pahalanya dengan yang membaca Al-Qur'an," tutur Syekh Ali Jaber.


2. Membaca Surat As-Sajadah dan Surah Al-Insan


Membaca surat As-Sajadah dan al-Insan adalah amalan di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW. Rasulullah SAW biasa membaca surat tertentu pada hari Jumat.


Dari Aisyah radhiyyallahu'anha, ia berkata amalan di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW bahwa:


"Rasulullah biasa membaca pada sholat subuh pada hari Jumat 'Alam Tanzil' (surat As Sajadah) pada rokaat pertama dan 'Hal ataa'alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro' (surat Al Insan) pada rokaat kedua." (HR. Muslim)


3. Perbanyak Doa


Memperbanyak doa adalah amalan di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW. Di hari Jumat terdapat harapan yang mudah dikabulkan. Hari Jumat ini disebut sebagai waktu ijabahnya sebuah doa.


Meski waktu ijabah itu dirahasiakan, tetapi ada di antara satu kali 24 jam di hari Jumat. Sehingga, alangkah baiknya selalu memanjatkan doa sebagai amalan di hari Jumat agar memperoleh waktu ijabah tersebut untuk mengabulkan harapan.


"Pada hari ini (Jumat) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya." (Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz.2, hal. 63, Dar Al-Fikr).


4. Memperbanyak Shalawat


Syekh Ali Jaber menjelaskan memperbanyak shalawat adalah amalan di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW.


Berikut hadis yang menganjurkan amalan di hari Jumat yang diamalkan Rasulullah SAW:


"Aktsiruu alayya minash sholaati yaumal jumu'ah. Perbanyaklah selawat kepadaku (Nabi Muhammad SAW) di hari Jumat. Jadi saya mohon, sepanjang hari di dalam perjalanan, di mana pun kita berada, bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW," kata Syekh Ali Jaber.


Itulah 4 amalan sunnah yang diamalkan Nabi Muhammad SAW di hari Jumat. Dengan mengamalkan amalan tersebut, insyaallah kita akan mendapatkan berkah tak terhingga. (*)


Penulis: Lis_Sya
Sumber: detikcom
Editor: Rafiqi

TerPopuler