Tingkat Pengangguran Terbuka Sumenep 2022 Terendah di Jawa Timur -->

Tingkat Pengangguran Terbuka Sumenep 2022 Terendah di Jawa Timur

Rabu, 16 November 2022, 4:57 PM
loading...
Tingkat Pengangguran Terbuka Sumenep 2022 Terendah di Jawa Timur
Bupati Sumenep Achmad Fauzi ketika sambutan pada Pembukan Sumenep Job Fair 2022, Rabu (16/11/2022). (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Sumenep tahun 2022 bukan hanya menunjukkan angka penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, melainkan termasuk terendah di Provinsi Jawa Timur.


Kabar baik ini disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi ketika membuka Job Fair 2022 di Gedung Korpri, Rabu, 16 November 2022.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran terbuka Sumenep periode Agustus 2022 menurun sebesar 1,36 persen dibandingkan dua tahun sebelumnya di atas 2 persen, yakni 2021 sebesar 2,31 persen dan 2020 mencapai 2,84 persen.


Angka penurunan pengangguran itu menunjukkan bahwa kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sesuai harapan bersama, karena bermanfaat bagi masyarakat pencari kerja.


"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep terus melakukan berbagai upaya menekan tingkat pengangguran terbuka, karena rendahnya tingkat pengangguran berdampak terhadap angka kemiskinan dan indeks pembangunan manusia," kata Bupati Achmad Fauzi, Rabu, 16 November 2022.


Bupati menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengantisipasi angka pengangguran terbuka di Sumenep agar terus menurun dengan berbagai program. Salah satunya melalui kegiatan Job Fair 2022.


"Job Fair ini sebagai media mempertemukan secara langsung pencari kerja dan pengguna tenaga kerja atau perusahaan," ujar Bupati.


Tahun ini, Sumenep Job Fair 2022 bertema "Meningkatkan Kondisi Kerja Untuk Pulih Bersama" melibatkan 21 perusahaan dari sektor usaha. Rinciannya 10 perusahaan dari luar daerah dan 11 perusahaan dari Sumenep, termasuk 4 instansi pemerintah.


Menurut Bupati Achmad Fauzi perangkat daerah di jajarannya berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk berbuat bersama membangun Sumenep. Salah satunya dalam memberikan layanan optimal mendukung pelaksanaan perluasan kesempatan kerja bagi masyarakat.


"Pemerintah daerah terus memfasilitasi ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja untuk menekan tingkat pengangguran terbuka di tahun-tahun selanjutnya," tegas Bupati. (Rfq)

TerPopuler