Sumenep Job Fair 2022 Upaya Pemkab Menekan Angka Pengangguran -->

Sumenep Job Fair 2022 Upaya Pemkab Menekan Angka Pengangguran

Rabu, 16 November 2022, 1:26 PM
loading...
Sumenep Job Fair 2022
Bupati Sumenep Achmad Fauzi meninjau stand perusahaan usai membuka Sumenep Job Fair 2022 di Gedung Korpri, Rabu (16/11/2022). (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Sumenep Job Fair 2022 menjadi upaya Pemerintah Daerah menekan angka pengangguran di Kota Keris.


Pemerintah Kabupaten Sumenep melaksanakan bursa pencari kerja itu melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker), Rabu, 16 November 2022.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, Sumenep Job Fair 2022 yang digelar di Gedung Korpri melibatkan 21 perusahaan untuk menyediakan ribuan lowongan pekerjaan demi memberikan peluang kerja kepada masyarakat pencari kerja di Sumenep.


"Para pencari kerja hendaknya memanfaatkan secara maksimal peluang kerja yang dibuka oleh perusahaan pada Job Fair ini, sesuai dengan skill, kompetensi serta pendidikannya," kata Bupati Achmad Fauzi di sela-sela Pembukaan Sumenep Job Fair 2022.


Pemerintah Daerah mengadakan Job Fair 2022 setiap tahun sebagai salah satu wujud komitmen menekan angka pengangguran di Sumenep agar menurun dari tahun ke tahun.


"Kami berupaya melakukan penurunan angka pengangguran melalui berbagai program atau kegiatan, diantaranya dengan perluasan kesempatan kerja, karena itulah, masyarakat pencari kerja benar-benar memanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Bupati Achmad Fauzi.


Sesuai harapan Bupati, ribuan pencari kerja memadati Sumenep Job Fair 2022 bertema "Meningkatkan Kondisi Kerja Untuk Pulih Bersama". Mereka berusaha mencari lowongan pekerjaan di puluhan perusahaan yang mengikuti kegiatan tersebut.


Untuk itu, pihaknya akan berupaya Sumenep Job Fair tahun 2023 lebih banyak lagi perusahaan baik di daerah maupun luar daerah yang mengikuti kegiatannya. Sebab, melibatkan pihak ketiga dalam membangun Kabupaten Sumenep sangat penting.


"Yang jelas, pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, melainkan membutuhkan pihak ketiga termasuk perusahaan untuk membantunya. Jadi, kami sampaikan terima kasih kepada perusahaan yang telah mengikuti Job Fair tahun ini," ucap Fauzi.


Sementara Kepala DPMPTSP dan Naker Sumenep Abd Rahman Riadi menyatakan, Job Fair 2022 melibatkan 21 perusahaan dari sektor usaha. Rinciannya 10 perusahaan dari luar daerah dan 11 perusahaan dari Sumenep, termasuk 4 instansi pemerintah.


"Job Fair kali ini menyediakan sekitar 1.200 lowongan kerja bagi masyarakat pencari kerja di Sumenep. Semoga Job Fair ini membantu masyarakat pencari kerja sekaligus perusahaan yang terlibat untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan spesifikasi kebutuhannya," harap Abd Rahman.


Selain bursa kerja, dalam kegiatan tersebut juga ada bahkti sosial seperti donor darah, cek kesehatan gratis, pasar murah, dan pemberian izin online. (*/Rfq)

TerPopuler