Mengapa Gairah Seks Wanita Meningkat Jelang Haid, Ternyata Ini Pemicunya -->

Mengapa Gairah Seks Wanita Meningkat Jelang Haid, Ternyata Ini Pemicunya

Senin, 21 November 2022, 5:11 PM
loading...
Gairah Seksual
Ilustrasi gairah seksual meningkat jelang haid. (Istimewa)


E-KABARI.com - Sebagian wanita barangkali merasakan gairah seksualnya cenderung meningkat menjelang haid. Mengapa itu bisa terjadi? Apa pemicunya?


Gairah seksual yang meningkat pada wanita menjelang haid umumnya sesuatu yang normal dan rutin terjadi setiap bulan.


Peningkatkan libido tersebut biasanya mulai muncul sekitar dua minggu menjelang haid atau tepat sebelum ovulasi.


Para ilmuwan pun mempelajari fenomena gairah seks meningkat saat haid. Meski demikian, peneliti belum tahu penyebab pastinya, karena setiap perempuan punya respons yang berbeda-beda.


Kendati demikian, mereka punya hipotesis tentang apa yang bisa membuat beberapa perempuan mengalami lonjakan libido menjelang menstruasi atau haid.


Berikut 3 alasan mengapa gairah seks meningkat menjelang haid dilansir E-KABARI.com dari Instagram @tips_sehat_ig.


1. Perubahan hormon yang sangat drastis


Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa terdapat perubahan kadar hormon estrogen dan penurunan progesteron yang berperan penting meningkatkan gairah seksual.


Melansir Woman Health, saat haid hormon estrogen naik secara stabil sehingga libido dan hasrat seksual pun ikut meningkat. Di sisi lain hormon progesteron rendah membuat perempuan merasa seksi dan bergairah.


2. Faktor psikologis


Temuan kedua lebih mengarah ke faktor psikologi. Jelang haid, perempuan mengalami periode dengan peluang kehamilan paling rendah. Potensi keberhasilan pembuahan hanya sekitar 0 hingga 9% saja.


Fakta ini secara tidak langsung membuat perempuan berpikir ingin melakukan hubungan seks dengan pasangannya. Mereka merasa lebih aman dengan risiko kehamilan yang tidak diinginkan.


3. Orgasme meredakan kram menstruasi


Seks bisa membantu mengurangi rasa sakit, termasuk nyeri ketika datang bulan. Fakta tersebut berhubungan dengan gairah seks wanita yang makin meningkat.


Ringkasnya, secara tidak langsung tubuh tersugesti untuk melakukan hal- hal yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi, terutama hubungan seksual.


Jadi, kombinasi beberapa hal di atas yang membuat gairah seksual wanita cenderung meningkat menjelang haid. Namun perlu diingat, gairah seksual yang meningkat menjelang haid sebenarnya bisa bermanfaat bagi kesehatan wanita. (*)


Penulis: Ndry_Sya
Sumber: Instagram tips_sehat_ig
Editor: King93

TerPopuler