Jangan Mandi Setelah Melakukan 4 Hal Ini, Bahayanya Gak Main-Main -->

Jangan Mandi Setelah Melakukan 4 Hal Ini, Bahayanya Gak Main-Main

Senin, 28 November 2022, 9:34 AM
loading...

Jangan Mandi Setelah Melakukan 4 Hal Ini, Bahayanya Gak Main-Main
Bocah sedang mandi. (Pixabay/trilemedia)


E-KABARI.com - Mandi menjadi aktivitas wajib setiap orang saban hari. Terasa sangat menyegarkan ketika tubuh terguyur air, apalagi setelah beraktivitas.


Namun, mandi ternyata tidak boleh dilakukan semau-maunya atau kapan saja. Mandi sekalipun ada aturannya.


Itulah mengapa kita dilarang mandi tengah malam atau diwajibkan mandi pada pagi hari. Ternyata ada alasan di baliknya.


Jika tetap memaksa dan sering mandi di waktu yang dilarang, efeknya bisa berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, bahaya mandi di waktu tersebut tidak main-main.



Dilansir dari instagram @vinsensia.yenty, Senin, 28 November 2022, berikut beberapa waktu yang dilarang untuk mandi karena bisa berbahaya bagi kesehatan.


1. Mandi setelah makan


Darah akan fokus pada pencernaan setelah makan. Jika mandi setelah makan, pembuluh darah akan mengembang dan mengulang kembali fungsinya. Hal ini yang membuat sirkulasi darah dalam sistem pencernaan terganggu, sehingga dilarang mandi.


2. Langsung mandi setelah beraktivitas


Setelah beraktivitas haruslah istirahat terlebih dahulu, entah itu aktivitas otak atau otot. Jika langsung mandi setelah beraktivitas, hal ini akan mengakibatkan kurang darah di bagian hati dan dada yang akan membuat pingsan.


3. Mandi setelah mabuk


Alkohol menjadi penghambat aktivitas hati dan menghambat pelepasan glukosa. Saat mandi dalam situasi seperti ini akan membuat pencernaan glukosa meningkat. Hal ini yang menyebabkan tubuh memproduksi gula darah terlalu banyak, sehingga kalau mandi setelah mabuk akan rentan terkena pusing dan merah.


4. Mandi saat demam


Saat demam, tubuh mengkonsumsi panas lebih dari 30%. Sangat tidak dianjurkan untuk mandi ketika demam karena akan mudah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


Karena itulah, jangan mandi setelah melakukan 4 hal tersebut. (*)


Penulis: Ndry_Sya
Sumber: Instagram @vinsensia.yenty
Editor: Rafiqi

TerPopuler