Hari Guru 2022, Ini Karakteristik Profil Guru Masa Depan -->

Hari Guru 2022, Ini Karakteristik Profil Guru Masa Depan

Jumat, 25 November 2022, 8:02 AM
loading...
Hari Guru Nasional 2022
Sosok Desi Indah Sahfitri, guru cantik di Medan yang viral karena videonya bersama para siswa di tahun 2020 lalu. (Instagram @desiindahsyft)


E-KABARI.com - Pemerintah menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru untuk menghormati jasa para guru. Tahun ini, Hari Guru jatuh hari ini, Jumat, 25 November 2022.


Memperingati hari yang istimewa bagi para pendidik generasi bangsa ini, Kemendikbudristek melalui Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan merilis Profil Guru Masa Depan yang disebut Guru Pancasila.


Apakah Guru Masa Depan atau Guru Pancasila itu?


Dilansir E-KABARI.com dari Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, Jumat, 25 November 2022, profil guru Indonesia masa depan merupakan profil guru Pancasila yang sangat relevan dengan profil pendidikan dan profil siswa Indonesia pada masa mendatang.


Berikut karakteristik profil Guru Masa Depan atau Guru Pancasila yang relevan dengan profil pelajar Pancasila.


1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia


Guru Indonesia yang berakhlak mulia adalah guru yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia, dan makhluk lainnya. Guru tersebut memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.


2. Mandiri


Guru Indonesia merupakan guru yang mandiri, tidak bergantung kepada orang lain, berdiri di atas kaki sendiri, dan dapat mengatur dirinya sendiri dalam bekerja dengan penuh tanggung jawab.


3. Bernalar kritis


Guru Indonesia yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi, baik kualitatif maupun kuantitatif untuk memecahkan masalah, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya.


4. Kreatif


Guru Indonesia yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.


5. Gotong royong/kolaboratif


Guru Indonesia yang kolaboratif memiliki kemampuan dalam bekerja secara gotong royong atau bersama-sama dengan sukarela agar kegiatan yang dilakukannya dapat berjalan secara lancar, mudah, dan ringan.


6. Berkebhinnekaan global


Guru Indonesia selalu mempertahankan garis-garis budaya luhur bangsa, lokalitas, dan identitasnya sebagai jati diri bangsa, namun tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan bangsa lain sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.


Demikian karakteristik dominan yang dimiliki oleh guru masa depan atau guru Pancasila. (*)


Penulis: Rafiqi
Sumber: Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud

TerPopuler