Forum Aktor Sumenep Lolos Kurasi Parade Teater Jawa Timur 2022, Bakal Tampil di Cak Durasim -->

Forum Aktor Sumenep Lolos Kurasi Parade Teater Jawa Timur 2022, Bakal Tampil di Cak Durasim

Senin, 14 November 2022, 3:26 PM
loading...
Forum Aktor Sumenep (FAS)
Forum Aktor Sumenep (FAS) saat latihan rutin malam hari untuk mengikuti Parade Teater Jawa Timur 2022. (Foto Dok. FAS)


SUMENEP, E-KABARI.com - Forum Aktor Sumenep (FAS) menjadi satu-satunya dari Madura yang lolos kurasi Parade Teater Jawa Timur 2022 pada Sabtu, 5 November lalu.


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Parade Teater Jawa Timur 2022 melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Jatim (TBJ).


Sebanyak 6 komunitas teater di Jawa Timur dinyatakan lolos kurasi pada sidang yang berlangsung di ruang sidang UPT Taman Budaya Jawa Timur, 5 November 2022.


Para kurator yang menyeleksi karya yang dikirim dari masing-masing komunitas teater se-Jawa Timur adalah Deni Tri Arianti, S.Sn., M.Hum, sebagai kurator 1, Arif Hidayat, S.Sn., M.Pd kurator 2, dan Hendra Cipta kurator 3.


Sedangkan 6 komunitas teater di Jawa Timur yang dinyatakan lolos kurasi adalah:


1. Swarung Seni, Kota Surabaya dengan judul karya 'Pita Kaleng';
2. Forum Aktor Sumenep, Kabupaten Sumenep dengan judul karya 'Nomenklatur';
3. IB CREATIVE ART, Kota Surabaya dengan judul karya 'Tarasmara';


4. Bengkel Seni Manyar Jaya, Kota Surabaya dengan judul karya 'HONG';
5. Teater Komunitas, Kota Malang dengan judul karya 'Asmarasongko/Panjul';
6. Teater Nusa, Kabupaten Gresik dengan judul karya 'Senja Putih'.


Sutradara Forum Aktor Sumenep (FAS) Firman Ihclasul Amal menyatakan syukur karya yang diarahkannya berhasil lolos kurasi pada Parade Teater Jawa Timur 2022.


Keberhasilan itu, jelas tak lepas dari kerja keras tim FAS  dalam mempersembahkan sajian seni bermain peran yang apik.


"Alhamdulillah Forum Aktor Sumenep lolos kurasi dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Madura yang lolos," kata Firman Ihclasul Amal Senin, 14 November 2022.


Bukan hal yang mudah untuk lolos kurasi pada pagelaran Parade Teater Jawa Timur 2022. Menurut Firman, butuh latihan dan persiapan yang matang dari jauh-jauh hari.


"Tidak mudah sampai ke tahap ini. Butuh perjuangan dan latihan yang ekstra dan berdarah -darah. Apalagi ini tingkat Jawa Timur, bukan hanya se-Madura," tuturnya.


Forum Aktor Sumenep (FAS) menggunakan sejumlah metode setiap kali latihan, mulai olah tubuh, olah suara, dan pengenalan peran menjadi aktor sesuai isi naskah.


Selain itu, penguasaan peran dan adegan di setiap scene dilatih keras dan detail hingga sempurna. Sebab, pentas teater bukan serupa adegan pembuatan film yang bisa di 'cut' ketika ditemukan cela atau cacat adegan.


"Detail dan disiplin itu jadi prioritas kami setiap latihan," tegas Firman.


Forum Aktor Sumenep (FAS) bersama 5 komunitas teater lainnya di Jawa Timur yang lolos kurasi Parade Teater Jawa Timur 2022 akan tampil di Gedung Cak Durasim Surabaya, pada tanggal 18-19 November 2022. (Rfq)

TerPopuler