DKPP Sumenep Raih Penghargaan Berkat Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak -->

DKPP Sumenep Raih Penghargaan Berkat Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak

Jumat, 25 November 2022, 4:25 PM
loading...
DKPP Sumenep Raih Penghargaan Berkat Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak
Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto, S.TP, M.Si saat menerima penghargaan sebagai Peringkat XI Kabupaten dengan Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak dari Satgas Penanganan PMK Provinsi Jawa Timur, Kamis (24/11/2022). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep meraih penghargaan atas capaian Vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) Terbanyak di Provinsi Jawa Timur.


DKPP Sumenep mendapatkan penghargaan sebagai Peringkat XI Kabupaten dengan Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak itu dari Satgas Penanganan PMK Provinsi Jawa Timur, Kamis, 24 November 2022.


Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto menerima piagam penghargaan tersebut dari Adhy Karyono, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur selaku Ketua Satgas Penanganan PMK Provinsi Jawa Timur, di Hotel Grand Dafana Signature Surabaya.


Penghargaan diserahkan KSP PMK pada Rapat Evaluasi Akhir Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku di Jawa Timur tahun 2022. Turut mendampingi penyerahaan penghargaan kala itu, Kepala Dinas Peternakan Jatim Indyah Aryani.


Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto mengaku bersyukur atas diraihnya penghargaan sebagai Peringkat XI Kabupaten dengan Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak dari Satgas Penanganan PMK Jawa Timur.


Penghargaan itu, kata dia, merupakan hasil kerja keras dan kekompakan dari semua pihak yang telah bersama-sama melakukan penanganan dan pengendalian PMK di Kabupaten Sumenep.


"Secara umum kinerja pengendalian kasus PMK di Kabupaten Sumenep oleh satgas sangat komperehensip. Dari semua jajaran mulai dari preventif, kuratif dan rehabilitatif, termasuk pelaksanaan vaksinasi yang mencapai 90 persen lebih," kata Arif Firmanto, dihubungi Jumat, 25 November 2022.


Piagam Penghargaan DKKP Sumenep sebagai Peringkat XI Kabupaten dengan Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak
Piagam Penghargaan DKKP Sumenep sebagai Peringkat XI Kabupaten dengan Capaian Vaksinasi PMK Terbanyak dari Satgas Penanganan PMK Provinsi Jawa Timur. (Foto for E-KABARI)


Sementara Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Sumenep drh. Zulfa mengungkapkan, Kabupaten Sumenep menerima penghargaan tersebut karena dinilai telah mampu melakukan penanganan dan pengendalian PMK dengan baik.


Pihaknya berhasil melaksanakan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak di Sumenep hingga mencapai 72.008 dosis.


"Untuk pengendalian tidak bisa kami katakan 100%, tapi dengan vaksin terbukti bisa mengendalikan kasus di lapangan," ujar Zulfa.


Ia menjelaskan, hampir 10% dari jumlah populasi hewan di Sumenep rentan terhadap PMK. Kemudian dengan adanya pengobatan dan vaksinasi, akhirnya kasus PMK bisa nihil.


"Sampai saat ini belum ada kasus baru, semoga bisa bertahan," harap Zulfa. (*/Rfq)

TerPopuler