Bupati Award 2022, Cara Pemkab Sumenep Motivasi Camat dan Lurah Ciptakan Inovasi -->

Bupati Award 2022, Cara Pemkab Sumenep Motivasi Camat dan Lurah Ciptakan Inovasi

Kamis, 17 November 2022, 1:08 PM
loading...
Bupati Award Sumenep 2022
Bupati Sumenep Achmad Fauzi ketika menyerahkan hadiah kepada para juara Bupati Award 2022, Rabu (16/11/2022) malam. (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Bupati Award bagi Camat dan Lurah Teladan tahun 2022, Rabu, 16 November 2022 malam.


Bupati Award bagi camat dan lurah itu merupakan media evaluasi Pemkab Sumenep untuk mengukur kinerja kecamatan dan kelurahan setiap tahunnya dalam melakukan inovasi pelayanan kepada masyarakat.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, Bupati Award bukan formalitas belaka atau sekadar menghabiskan anggaran. Akan tetapi untuk mengukur kinerja di tingkat Kecamatan dan Kalurahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya.


"Kegiatan ini adalah cara Pemerintah Daerah untuk memberikan motivasi bagi camat dan lurah supaya membuat terobosan program yang inovatif dan kreatif guna meningkatkan kinerja di wilayah masing-masing," kata Bupati Achmad Fauzi saat malam penganugerahan di Taman Andhap Asor Keraton Sumenep.


Bupati Sumenep juga menekankan camat dan lurah agar jangan melihat nominal hadiah dalam Bupati Award tersebut. Namun, harus mengedepankan untuk selalu menciptakan inovasi program sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.


Bahkan, Bupati Achmad Fauzi mendorong camat dan lurah agar tidak hanya melahirkan kreativitas dan inovasi yang biasa saja, melainkan harus karya yang luar biasa sehingga programnya bisa go public, baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.


Dengan demikian, hasil karya inovasi itu bisa berdampak membawa perubahan signifikan terhadap pelayanan kepada masyarakat.


"Karya inovasi pelayanannya harus benar-benar original dan dalam penyusunannya melibatkan seluruh jajaran instansi di wilayahnya, itu dilakukan supaya pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses, karena seluruh elemen mendukung realisasi programnya," pesan Bupati Achmad Fauzi.


Berdasarkan hasil penialain tim Bupati Award, ada 3 Camat dan 1 Lurah Teladan 2022 yang mendapat penghargaan dari Bupati Sumenep.


Camat Guluk-Guluk Muhammad Rais meraih Juara I, Camat Kota Faruk Hanafi meraih Juara II, dan Camat Pragaan Heru Cahyono meraih Juara III. Sedangkan Lurah Teladan 2022 yaitu Lurah Kepanjin Ernawati.


Bupati Achmad Fauzi menekankan, camat dan lurah harus memiliki komitmen dan tanggung jawab moral untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik dan berkualitas sebagai langkah nyata tagline "Bismillah Melayani".


Ia mengimbau agar camat dan lurah di Sumenep jangan bekerja tanpa inovasi dan kreasi, karena keberadaannya bersentuhan langsung dengan masyarakat.


"Ketika camat dan lurah kerjanya bagus tentu saja masyarakat memujinya, sebaliknya apabila kerjanya kurang memuaskan efeknya kepada Bupati, karena masyarakat mengeluhkan jajarannya di kecamatan dan kelurahan tidak bisa bekerja maksimal atau tidak inovatif," pungkas Bupati. (*/Rfq)

TerPopuler