Ada 5 Hak Istri yang Wajib Suami Penuhi, Termasuk Perhatian -->

Ada 5 Hak Istri yang Wajib Suami Penuhi, Termasuk Perhatian

Selasa, 29 November 2022, 12:22 PM
loading...
Ada 5 Hak Istri yang Wajib Suami Penuhi, Termasuk Perhatian
Ilustrasi pernikahan. (Ist/joellecompton)


E-KABARI.com - Dalam ajaran lslam menikah bagi seorang laki-laki tidak hanya sebatas tinggal bersama perempuan yang telah sah menjadi istrinya sampai maut memisahkan. Akan tetapi ada hak-hak yang harus ditunaikan oleh seorang suami kepada istri.


Hak dalam rumah tangga ketika sepasang laki-laki dan perempuan diikat oleh perkawinan sebenarnya berlaku bagi kedua belah pihak. Masing-masing ada hak yang harus dipenuhi, baik suami maupun istri.


Terhadap hak itulah kewajiban secara bersamaan berlaku kepada pasangan suami dan istri. Seorang suami wajib memenuhi hak istrinya. Pun sebaliknya, istri wajib memenuhi hak suami daripada dirinya.


Namun, artikel kali ini fokus pada kewajiban suami memenuhi hak-hak istri dalam pernikahan. Karena sebagai kepala rumah tangga sekalipun, tak sedikit suami hari ini yang tidak paham mengenai kewajibannya memenuhi hak-hak terhadap istri.


Lalu apa saja hak istri yang wajib dipenuhi oleh suami dalam rumah tangga?


Melansir Instagram @namabayi.islami, Selasa, 29 November 2022, setidaknya ada 5 hak istri yang wajib dipenuhi suami. Kelima hak istri itu salah satunya adalah perhatian.


Selengkapnya, simak 5 hak istri yang wajib dipenuhi suami berikut ini.


1. Nafkah


Nafkah ini bukan sekadar biaya hidup. Nafkah bagi istri yang wajib dipenuhi suami berupa nafkah lahir dan batin. Dan yang mencakup nafkah batin yaitu termasuk kebahagiaan istri.


2. Tempat Tinggal


Suami wajib memberikan tempat tinggal yang nyaman untuk istri. Sekiranya istri tidak nyaman pada tempat yang ditinggali, suami memiliki tanggung jawab untuk memindahkan istri ke tempat yang lebih nyaman.


Misalnya, pindah dari rumah mertua kalau tidak nyaman. Jika belum ada uang untuk ngontrak, maka suami bisa membolehkan mereka tinggal di rumah istri.


3. Hak Pakaian


Segala harta benda suami, istri mempunyai hak memakainya. Termasuk mengambil uang suami di dompet suami, kalau si suami pelit.


Namun, istri juga harus tahu bahwa tetap ada tatakrama dalam hal ini. Sehingga istri pun tak boleh sembarangan mengatasnamakan hak.


4. Pendidikan


Suami bertanggung jawab memberikan pendidikan kepada istri. Yaitu dengan mendidik agama agar istri lebih shalehah ataupun pendidikan duniawi.


5. Perhatian


Bukan cuma empat hal di atas, suami juga wajib memberikan perhatian dan kasih sayang. Termasuk perhatian terhadap kebutuhan primer si istri.


Itulah 5 hak istri yang menjadi kewajiban suami untuk memenuhinya. (*)


Penulis: Lis_Sya
Sumber: Instagram @namabayi.islami
Editor: King93

TerPopuler