4 Wisata Religi di Sumenep Ini Cocok Buat Anda Healing Lahir Batin -->

4 Wisata Religi di Sumenep Ini Cocok Buat Anda Healing Lahir Batin

Sabtu, 12 November 2022, 10:50 AM
loading...
Wisata Religi di Sumenep
Asta Tinggi Sumenep, salah satu wisata religi dan ikon Kabupaten Sumenep. (Foto Sc YouTube Mamira ID)


SUMENEP, E-KABARI.com - Setelah bekerja selama lima hari dan merasa lelah lahir batin, sudah sepatutnya Anda mengisi weekend atau akhir pekan dengan healing atau liburan.


Bukan sekadar liburan ke tempat wisata, cobalah sesekali isi akhir pekan Anda dengan berwisata religi, misalnya.


Berbeda dengan objek wisata lainnya, wisata religi tak hanya menawarkan kesenangan lahir untuk rehat dari rutinitas pekerjaan, melainkan juga healing secara batin.


Karena sangat mungkin Anda tidak hanya lelah secara lahir saja. Barangkali batin Anda juga butuh healing. Mengaji, berdzikir dan merenung, serta merasakan kedamaian dekat dengan Sang Pencipta di tempat tersebut.


Jika Anda tertarik, Kabupaten Sumenep punya sejumlah wisata religi yang cocok buat healing lahir batin di akhir pekan.


Berikut 4 wisata religi di Sumenep yang cocok dikunjungi buat healing lahir batin.


1. Asta Tinggi Sumenep


Asta Tinggi Sumenep banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Di tempat ini banyak makam para ulama, serta para raja dan keluarga raja di Sumenep.


Tempat tersebut berada di ketinggian serta terdapat banyak bangunan arsitektur kuno yang sampai saat ini menjadi tempat bersejarah. Lokasinya berada di Desa Kebunagung, Kecamatan Kota, Sumenep.


2. Asta Sayyid Yusuf Talango


Sayyid Yusuf bin Ali bin Abdullah Al-Hasani, itulah nama makam keramat yang terletak di tengah laut Pulau Poteran, Kecamatan Talango. Makam waliyullah itu ramai oleh peziarah dari berbagai kalangan.


Letak lokasi Makam Sayyid Yusuf berjarak 11 kilometer dari pusat Kota Sumenep menuju Pulau Poteran, Talango. Untuk sampai ke makam harus nyebrang menggunakan perahu dari Pelabuhan Kalianget.


3. Masjid Jami’ Sumenep


Masjid bersejarah ini terletak di pusat Kota Sumenep, kabupaten yang terletak di paling timur Pulau Madura, Jawa Timur.


Masjid Jami’ Sumenep merupakan salah satu dari 10 masjid tertua di Indonesia. Gaya arsitektur masjid ini sangat khas dan dijadikan sebagai landmark Pulau Madura.


4. Museum Keraton Sumenep


Salah satu daya tarik wisata religi di Museum Keraton Sumenep adalah karena terdapat Al-Qur'an raksasa. Al-Qur'an tersebut memiliki panjang 4 meter dengan lebar 3 meter, dan berat hingga 500 kilogram. Sedangkan sampul Al-Qur'an terbuat dari kulit kerbau dan bagian isinya terbuat dari kertas panoraga.


Menurut beberapa ahli, konon katanya Al-Qur'an ini ditulis oleh Sultan Abdurrahman, salah satu Raja Sumenep. Adapun letak Museum Keraton Sumenep sangat strategis yaitu berdampingan dengan Karaton dan Alun-Alun Kota Sumenep. (*)


Penulis: Syarif
Editor: Rafiqi

TerPopuler