Dua Tahun Absen, Festival Tong-Tong Sumenep 2022 Berlangsung Meriah -->

Dua Tahun Absen, Festival Tong-Tong Sumenep 2022 Berlangsung Meriah

Minggu, 23 Oktober 2022, 10:11 AM
loading...
Festival Tong-Tong Sumenep
Penonton memadati kegiatan Festival Musik Tong-Tong 2022 yang digelar Pemkab Sumenep dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke753, Sabtu (22/10/2022) malam. (Foto Rafiqi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Festival Tong-Tong Sumenep tahun 2022 berlangsung meriah setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19 selama 2020-2021.


Ribuan warga Sumenep memadati jalan-jalan kota untuk menyaksikan secara langsung penampilan puluhan kelompok musik tong-tong yang memang ditunggu-tunggu.


Pemerintah Kabupaten Sumenep menyelenggarakan Festival Musik Tong-Tong tahun 2022 bersama Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep.


Festival tersebut merupakan salah satu dari sekian rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke-753 Kabupaten Sumenep.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan, pagelaran Festival Tong-Tong di Kabupaten Sumenep sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.


Baru setelah pandemi berakhir, festival tersebut kembali digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Ke-753 Kabupaten Sumenep tahun 2022.


"Alhamdulillah, festival musik tong-tong ini baru bisa terselenggara pada tahun ini, setelah Covid-19 melanda Indonesia dan Kabupaten Sumenep sejak dua tahun terakhir," ucap Bupati Achmad Fauzi saat melepas peserta Festival Tong-Tong, Sabtu, 22 Oktober 2022 malam, di depan GOR A. Yani Sumenep.


Karena itu, Bupati Sumenep menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi kepada panitia yakni Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI) dan Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep.


"Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini sebaik-baiknya, termasuk kepada para peserta yang ikut memeriahkan festival hingga kegiatan ini terlaksana maksimal. Terima kasih, semoga tahun depan lebih meriah lagi," tutup Achmad Fauzi.


Sementara Kepala Disbudporapar Sumenep Mohamad Iksan menyampaikan, tujuan Festival Musik Tong-Tong dalam rangka melestarikan budaya di Kabupaten Sumenep.


Selain itu, bertujuan untuk mewujudkan silaturahmi antar sesama dan pegiat musik tong tong di Kabupaten Sumenep.


"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan animo dan peran serta masyarakat terhadap upaya pelestarian budaya di Kabupaten Sumenep," kata Iksan ketika sambutan.


Festival Musik Tong-Tong dalam rangka menyemarakkan dan memeriahkan Hari Jadi Ke-753 tahun 2022 diikuti sebanyak 30 peserta se-Kabupaten Sumenep.


Rute dimulai dari depan GOR A. Yani Sumenep melewati sepanjang Jl. Urip Sumuharjo Desa Pabian ke arah barat menuju Simpang Lima, kemudian belok ke Jl. MH Thamrin Kelurahan Pajagalan dan berakhir di sepanjang Jl. KH Agus Salim di Desa Pangarangan. (*/Rfq)

TerPopuler