Ketua STKIP PGRI Sumenep Apresiasi Program Barling SMKN 1 Sumenep: Luar Biasa -->

Ketua STKIP PGRI Sumenep Apresiasi Program Barling SMKN 1 Sumenep: Luar Biasa

Sabtu, 17 September 2022, 1:35 PM
loading...
Barling (Barcode Counseling)

Ketua STKIP PGRI Sumenep Dr. Asmoni, M.Pd.  mengapresiasi program Barling (Barcode Counseling) SMKN 1 Sumenep. (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Ketua STKIP PGRI Sumenep, Dr. Asmoni, M.Pd mengapresiasi program Barling (Barcode Counseling) yang diterapkan SMKN 1 Sumenep.


Asmoni menilai, Barling yang diujicobakan sejak tanggal 13 Juli 2021 lalu di SMKN 1 Sumenep merupakan perangkat yang sesuai dengan peradaban pendidikan masa kini.


"Saya melihat proses kerja Barling ini sudah masuk pada pendekatan yang kekinian, karena lewat website langsung terkoneksi kepada WhatsApp konselor," kata Asmoni, Sabtu, 17 September 2022.


Asmoni menyarankan pelaksana Barling di SMKN 1 Sumenep harus siap menjadi sahabat siswa. Karena apabila berbicara konseling, maka konselor harus menjadi sahabat para penikmat layanan konsultasi online itu.


"Iya mau tidak mau harus siap menjadi sahabat siswa, termasuk pendekatan dan cara menanggapinya pun harus kekinian, agar orang yang merasakan layana  ini bisa ketagihan dan terbuka saat melakukan konsultasi atau curhat," jelas Asmoni.


Lebih lanjut, Ketua STKIP PGRI Sumenep itu mengharapkan, pihak SMKN 1 Sumenep agar mensosialisasikan program Barling kepada orang tua atau wali siswa.


Bagaimanapun, terobosan dan implementasi program yang luar biasa di SMKN 1 Sumenep tersebut tetap butuh dukungan mereka.


"Demi pelaksanaan menjadi maksimal, perlu dukungan dan harus disosialisasikan kepada orang tua maupun wali siswa, sehingga bisa mendukung program ini," pungkas Asmoni.


Sementara Waka Humas SMKN 1 Sumenep Sujono Riyadi menyampaikan, Barling atau Barcode Counseling adalah layanan konsultasi dan curhat berbasis website yang diintergarasikan dengan nomor WhatsApp Guru Bimbingan dan Konseling (BK).


Penerapan Barling berlandaskan informasi dari Guru BK bahwa perlu ada layanan yang berbasis online, agar siswa tetap bisa melakukan konsultasi secara online.


"Dari situ kemudian kami riset dan alhamdulilah sudah terbangun layanan konseling secara online sejak tahun 2021 yang kami namakan Barling," kata Sujono.


Dia menjelaskan, Barling dapat difungsikan oleh orang tua, guru dan siswa SMKN 1 Sumenep sebagai sarana untuk melakukan konsultasi dan curhat secara online.


Cara mengakses mengakses layanan Barling pun sangat mudah. Yaitu dengan cara scan barcode yang disediakan di setiap kelas atau mengunjungi website Cybercounseling SMEKSA, kemudian pilih menu konselor, pilih konselor, klik bacode dan akan terhubung dengan konselor untuk melakukan konseling.


"Saat ini kami sedang berupaya agar Barling ini menjadi aplikasi yang bisa didownload melalui Playstore," ujar Sujono. (Rfq)

TerPopuler