Dinsos P3A Sumenep Pastikan Hewan Kurban Aman dari PMK: Harus Sesuai SOP -->

Dinsos P3A Sumenep Pastikan Hewan Kurban Aman dari PMK: Harus Sesuai SOP

Jumat, 08 Juli 2022, 9:06 PM
loading...
Dinsos P3A Sumenep Pastikan Hewan Kurban Aman dari PMK: Harus Sesuai SOP
Kepala Dinsos P3A Sumenep Drs. Achmad Dzulkarnain, MH. ()


SUMENEP, E-KABARI.com - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan P3A) Kabupaten Sumenep memastikan hewan kurban yang akan disembelih tahun ini sehat dan aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).


Pasalnya, beberapa bulan sebelum Hari Raya Idul Adha 1443 H wabah PMK menjangkiti hewan ternak sapi di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Sumenep.


Menyikapi hal itu, Pemerintah Daerah melalui Dinsos P3A Sumenep berupaya memastikan hewan kurban sehat dan aman dari PMK.


Kepala Dinsos P3A Sumenep, Achmad Dzulkarnain menyampaikan, banyak hewan ternak yang diserang PMK membuat pihaknya ekstra hati-hati memilih hewan untuk kurban.


"Kami berkirim surat ke DKPP (Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian) agar semua hewan kurban diperiksa dulu kesehatannya," kata Achmad Dzulkarnain di kantornya, Jumat, 8 Juli 2022.


Mekanisme pengumpulan hewan kurban oleh OPD, BUMN dan BUMD di Sumenep harus sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Setiap hewan yang hendak disembelih untuk kurban harus diperiksa dulu oleh dokter hewan dari DKPP Sumenep.


"Jadi, pemilihan dan pengumpulan hewan kurban tahun ini sudah sesuai SOP, sehingga dipastikan sehat dan aman dari PMK," Achmad Dzulkarnain menegaskan.


Masyarakat juga tidak perlu khawatir menerima hewan kurban dari Pemerintah Daerah. Sebab, hewan kurban dipastikan sehat dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari DKPP Sumenep.


"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir terkait PMK, karena hewan yang akan di sembelih dipastikan sudah sehat," tegas Zul, panggilan akrab Kepala Dinsos P3A Sumenep.


Untuk penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada Ahad, 10 Juli 2022 setelah shalat Idul Adha 1443 H, bersamaan dengan penyerahan hewan kurban dari Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep.


"Lokasinya di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) di samping Kantor Dinas Perikanan, dan tentu menggunakan SOP yang ada," jelas Zul.


Namun, Dinsos P3A Sumenep belum bisa memastikan jumlah hewan kurban yang akan disembelih nanti. Sebab, pengumpulan hewan kurban Idul Adha 1443 H masih berlangsung sampai Sabtu 9 Juli 2022 besok.


"Bisa saja nanti malam masih ada yang menyetorkan hewan kurban ke Dinsos. Kita berharap tidak hanya OPD yang menyetorkan hewan kurban, BUMN dan BUMD dan lembaga yang lain ikut berpartisipasi dalam kurban tahun ini," tandas Zul. (*/As/Rfq)

TerPopuler