Dewan Sarankan Pemkab Sumenep Kembangkan Ekowisata -->

Dewan Sarankan Pemkab Sumenep Kembangkan Ekowisata

Rabu, 13 Juli 2022, 12:07 PM
loading...
Dewan Sarankan Pemkab Sumenep Kembangkan Ekowisata
Anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Akis Jasuli. (Istimewa)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep menyarankan Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat mengembangkan ekowisata.


Dewan menyarankan hal tersebut, karena pasca pandemi Covid-19 melanda penjuru dunia, Indonesia termasuk Kabupaten Sumenep berupaya membangkitkan ekonomi warganya lewat sektor pariwisata.


Supaya upaya tersebut semakin maksimal, anggota Komisi IV DPRD Sumenep, Akis Jasuli menyarankan agar Pemerintah Daerah mengembangkan ekowisata.


"Ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan," kata Akis, Rabu, 13 Juli 2022.


Ekowisata sangat menarik karena lebih fokus pada aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial, budaya dan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.


Sehingga, dengan mengembangkan ekowisata Pamkab Sumenep dapat mengurangi dampak negatif pariwisata pada lingkungan dan budaya.


"Ekonomi masyarakat desa juga jelas akan meningkat karena masyarakat bisa mengembangkan ekonomi kreatif seperti kegiatan usaha makanan dan cenderamata, penginapan dan jasa lainnya," terang Akis.


Politisi partai NasDem itu meyakni adanya ekowisata dapat meningkatkan perekonomian di Sumenep, baik dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).


"Untuk mengembangkan ekowisata, bisa mencontoh desa-desa di Sumenep yang telah sukses mengembangkan wisata desa seperti Gili Labak dan Desa Keris Aeng Tong-Tong," Akis memberi contoh.


Apalagi, salah satu wisata desa berbasis ekowisata di Sumenep sudah memberikan bukti keberhasilannya di tingkat nasional.


Adalah Wisata Desa Mangrove Kedatim di Desa Kabundadap Timur, Kecamatan Saronggi baru-baru ini berhasil meraih Peringkat 3 Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara bulan Juni lalu.


Prestasi itu juga mengantarkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi menerima penghargaan atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung program pengembangan desa wisata 2022 di Sumenep.


Atas prestasi itu, Bupati Achmad Fauzi mengajak setiap desa di Sumenep untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. Sebab, sektor pariwisata akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Kami (Pemkab Sumenep) akan terus mendukung desa lainnya bisa mengangkat potensinya sesuai karakteristik alam, budaya, dan masyarakat," tegas Bupati. (*/Rfq)

TerPopuler