Warek I IST Annuqayah Sebut IST Expo Laboratorium Mahasiswa -->

Warek I IST Annuqayah Sebut IST Expo Laboratorium Mahasiswa

Kamis, 30 Juni 2022, 12:26 PM
loading...
Warek I IST Annuqayah Sebut IST Expo Laboratorium Mahasiswa
Penutupan IST Expo 2022 IST Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, Rabu (29/6/2022). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Wakil Rektor (Warek) I Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep Kiai M. Mushthafa menyebut IST Expo 2022 sebagai laboratorium bagi mahasiswa.


Kiai Mushthafa menyampaikan pernyataan tersebut pada penutupan IST Expo 2022, Rabu, 29 Juni 2022, di Aula As-Syarqawi Pondok Pesantren Annuqayah.


Warek I mengapresiasi pameran produk karya mahasiswa dari berbagai jurusan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah itu.


Dia berharap IST Expo dijadikan kegiatan rutin setiap tahun, dengan persiapan yang lebih matang dari yang sudah terlaksana.


"IST Expo ini adalah bagian dari laboratorium mata kuliah tekno entrepreneur," kata Kiai Mushthafa, Rabu, 29 Juni 2022.


Penulis buku Sekolah dalam Himpitan Google dan Bimbel itu juga menyarankan waktu pelaksanaan IST Expo agar lebih lama. Teknik dan konsepnya harus dipersiapkan lebih matang lagi supaya apa yang dipamerkan bisa dipersiapkan sejak awal.


"Termasuk produknya juga dipersiapkan dengan matang," imbuh Kiai Mushthafa.


Menurut putra mendiang KH Abd. Basith Bahar itu, IST Expo merupakan laboratorium untuk mahasiswa. Kegiatan tersebut bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan, kerja sama, kreativitas dan inovasi.


"Saya yakin jika kegiatan ini dipersiapkan dengan lebih matang, mahasiswa akan menampilkan produk-produk yang lebih baik lagi," ujar Kiai Mushthafa.


Kiai muda lulusan Utrecht University Belanda-NTNU, Norwegia itu juga menyarankan agar IST Expo bisa mengintegrasikan visi lingkungan hidup, terutama dalam minimalisasi sampah di tempat acara atau stan.


"Model pembelajaran IST Expo ini sangat penting dan dipertahankan. Kegiatan ini adalah laboratorium bagi mahasiswa yang harus dirawat," pesan Kiai Mushthafa.


Ketua Panitia Haris Abdi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya IST Expo 2022. Terutama bagi mahasiswa yang berusaha keras untuk memasarkan produknya selama tiga hari.


"Semoga tahun depan acara semacam ini bisa terlaksana kembali, tentu dengan persiapan dan konsep yang lebih matang," harap Haris.


Panitia menggelar IST Ekspo 2022 secara terpisah. Stan putra diletakkan di halaman INSTIKA, sedangkan stan putri diletakkan di halaman kampus putri.


Selain itu, panitia juga menetapkan beberapa penilaian. Di antaranya produk terbaik, pelayanan terbaik, dan stan terbaik. (Rfq)

TerPopuler