Menduniakan Soto Lamongan ala Bupati Yes -->

Menduniakan Soto Lamongan ala Bupati Yes

Jumat, 10 Juni 2022, 5:00 PM
loading...
Menduniakan Soto Lamongan ala Bupati Yes
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka acara Festival 1000 Soto Lamongan di halaman GOR Lamongan, Jumat (10/6/2022) pagi. (Instagram/@prokopimkablmg)


LAMONGAN, E-KABARI.com - Setelah resmi mengantongi hak paten, kuliner Soto Lamongan semakin menjadi primadona dalam setiap gelaran acara. Bahkan dalam setiap agenda, kuliner berkuah yang satu ini menjadi incaran banyak orang.


Hal itu terbukti dengan tingginya antusiasme masyarakat yang hadir mengikuti senam sehat di halaman Sport Center Lamongan, Jumat, 10 Juni 2022 pagi, yang sekaligus dimanfaatkan untuk sarapan Soto Lamongan bareng Bupati Yuhronur Efendi.


1.000 porsi soto Lamongan yang disediakan dalam Festival Soto Lamongan tersebut ludes dalam waktu kurang dari satu jam.


Melihat kecintaan masyarakat terhadap kuliner khas Lamongan, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Lamongan yang akrsb disapa Bupati Yes itu berharap kuliner ini semakin popular, tidak hanya di kalangan masyarakat Indonesia tapi mendunia.


“Soto Lamongan telah menjadi kuliner melegenda, bahkan telah resmi menjadi makanan asli Lamongan setelah mendapat hak paten dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Mudah-mudahan kuliner Lamongan semakin berjaya dan Soto Lamongan akan menjadi duta kuliner di Indonesia dan di dunia,” tutur Bupati Yes.


Bupati Yes juga berharap kuliner Soto Lamongan semakin dikenal masyarakat luas. Karena itu, di setiap event Pemerintah Daerah Soto Lamongan selalu disediakan.


“Melalui berbagai event, kuliner Lamongan ini semakin popular di kalangan masyarakat, bahkan kuliner Soto Lamongan semakin dikenal lagi. Tidak hanya nasional, tapi mendunia,” ujar Bupati Yes.


Festival 1000 Soto Lamongan merupakan bagian dari kegiatan Peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-453. Kegiatan tersebut sekaligus menutup Festival Ekonomi Kreatif dan Pameran Bonsai di halaman GOR Lamongan yang akan berakhir pekan ini.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan Rubikah menjelaskan, sebanyak 1.000 porsi Soto Lamongan disajikan dengan menggandeng 10 Pedagang Kaki Lima (PKL) di mana masing-masing PKL menyediakan 100 porsi.


“Kami menyediakan 1.000 porsi soto yang bisa dinikmati masyarakat dengan menggandeng 10 PKL yang masing-masing PKL-nya menyediakan 100 porsi soto,” kata Rubikah, Jumat, 10 Juni 2022.


Soto Lamongan sendiri merupakan kuliner asli Lamongan yang sangat populer di Indonesia.


Soto ini mempunyai keunikan tersendiri, di mana dalam penyajiannya dilengkapi dengan toping irisan ayam, jeroan serta kulit, dan yang paling membedakan dengan soto jenis lain yakni ditaburi dengan koya, serbuk kerupuk udang dengan bumbu yang membuat Soto Lamongan semakin gurih saat dinikmati dengan kucuran jeruk nipis dan sambal. (*)


Sumber: Instagram @prokopimkablmg

TerPopuler