Dorong Pemerintahan Desa Lebih Baik, DPMD Sumenep Bina Kades -->

Dorong Pemerintahan Desa Lebih Baik, DPMD Sumenep Bina Kades

Selasa, 07 Juni 2022, 4:45 PM
loading...
Dorong Pemerintahan Desa Lebih Baik, DPMD Sumenep Bina Kades
Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Angakatan I Tahun Anggaran 2022 oleh DPMD Sumenep di Aula Hotel Utami, Selasa (7/6/2022). (E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep melakukan pembinaan terhadap sejumlah kepala desa (Kades), Selasa, 7 Juni 2022 pagi.


Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Angakatan I Tahun Anggaran 2022 tersebut diikuti oleh 50 orang Kades se-Kabupaten Sumenep.


Kepala DPMD Sumenep Anwar Syahroni Yusuf mengatakan, secara umum tujuan pembinaan Kades yaitu supaya pemerintahan desa berjalan lebih baik.


"Supaya penyelenggaraan pemerintahan di desa, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat bisa lebih baik, maka kita selenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas aparat desa ini," kata Anwar di Aula Hotel Utami Sumenep, Selasa, 7 Juni 2022.


Pembinaan Kades tersebut akan dilaksanakan secara bertahap. Menurut Anwar, kali ini adalah tahap yang pertama. Sedangkan angkatan selanjutnya akan dilaksanakan bulan Oktober 2022.


"Setiap angkatan diikuti 50 desa. Kegiatan ini langsung diikuti Kepala Desa selama 6 hari, tidak bisa diwakilkan," tegas Anwar.


Mantan Camat Dungkek dan Batang-Batang itu menekankan tiga hal yang harus dipahami oleh Kades dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik. Ketiganya yaitu regulasi, ekonomi dan sosial.


"Harapan kami dengan adanya kegiatan ini desa yang ada di Kabupaten Sumenep bisa lebih baik lagi ke depannya, dan bisa mengembangkan seluruh potensi di desanya," pungkas Anwar.


Sementara Bupati Sumenep Achmad Fauzi meminta kepala desa harus menfungsikan balai desa sebagai tempat untuk memberikan semua pelayanan publik kepada masyarakat.


Sebab, ketika perangkat desa mampu mengoptimalkan balai desa sebagai pusat pelayanan, hal itu akan memudahkan masyarakat yang membutuhkan.


"Kami minta jangan sampai balai desa tidak ada aparatur desanya setiap hari efektif, karena itu mengakibatkan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan pelayanan," kata Bupati Achmad Fauzi.


Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu juga menekankan pentingnya inovasi dan kreativitas bagi kepala desa. Keduanya menjadi kunci utama bagi Kades bersama perangkat desa dalam memajukan desa masing-masing.


"Perangkat desa mempunyai peran penting untuk menggerakkan seluruh potensi desa,  sehingga harus inovatif dan kreatif untuk mengelola sumber daya di desanya," pesan Bupati Achmad Fauzi. (*/WY/Rfq)

TerPopuler