Bad Mood? Lakukan 7 Cara Memperbaiki Mood Ini supaya Hari Lebih Ceria -->

Bad Mood? Lakukan 7 Cara Memperbaiki Mood Ini supaya Hari Lebih Ceria

Minggu, 12 Juni 2022, 7:52 AM
loading...
Bad Mood? Lakukan 7 Cara Memperbaiki Mood Ini supaya Hari Lebih Ceria
Ilustrasi pelukan. (Thinkstock)


E-KABARI.com - Suasana hati atau mood yang tinggi akan membuat Anda lebih senang menjalani aktivitas. Namun, beberapa orang seringkali merasakan mood yang buruk.


Ketika bad mood, banyak orang melarikan diri dengan hal-hal buruk atau tidak menyehatkan. Sebut saja, binge eating, merokok, hingga mengonsumsi alkohol berlebihan.


Padahal, ada beberapa cara instan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mood. Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, apalagi merusak kesehatan.


Berikut 7 cara memperbaiki mood supaya hari lebih ceria sebagaimana dilansir dari Instagram @sehatyuks.id.


1. Memeluk orang terkasih


Memeluk si kecil, sahabat atau pasangan merupakan cara memperbaiki mood yang sangat instan untuk dilakukan.


Dalam sebuah studi di Australia, pria yang sering memberikan pelukan cenderung lebih bahagia daripada mereka yang tidak melakukannya.


Berpelukan dapat memberikan Anda perasaan nyaman dan dicintai. Kegiatan ini juga menurunkan laju pernapasan, mengurangi tekanan darah, serta memproduksi hormon oksitosin, yang dikenal sebagai hormon cinta.


2. Tidur siang sejenak (powe nap)


Pekerjaan kantor dan urusan percintaan menggangu mood Anda? Cobalah tidur siang beberapa saat (power nap).


The National Sleep Foundation (NSF) menyebutkan, tidur untuk waktu yang sebentar dapat memperbaiki mood, ketajaman perhatian, serta performa pada orang dewasa.


Waktu tidur sebentar yang disarankan sebagai cara memperbaiki mood Anda yakni 20-30 menit di siang hari. Durasi ini cukup untuk membuat Anda segar sambil melepaskan ras kantuk.


Cobalah tidur di ruangan yang tenang dengan pencahayaan redup. Dengan begitu, tubuh bisa beristirahat dengan lebih nyaman.


3. Ngopi atau ngeteh saat menyambut hari


Kopi dan teh, seperti teh hijau, mengandung kafein yang dapat merilis dopamin. Dopamin merupakan senyawa kimiawi otak yang dapat memperbaiki mood maupun performa harian Anda.


Ilmuwan juga meyakini kafein memiliki efek yang bersifat protektif terhadap risiko depresi.


Menyeruput secangkir kopi atau teh menjadi langkah mudah agar hari Anda lebih menyenangkan. Rutinitas ini juga jadi cara mengatasi mood jelek pada pagi hari.


4. Mandi dengan air hangat


Apabila memungkinkan, cobalah untuk rutin menutup hari dengan hari Anda dengan mandi menggunakan air hangat.


Para ahli di Universits Yale Amerika Serikat percaya mandi dengan siraman air hangat merupakan cara memperbaiki mood yang bisa dilakukan. Selain itu, aktivitas ini juga dapat melawan rasa kesepian.


Hubungan air hangat untuk mengikis rasa sepi menurut ahli bersumber pada sensasi kehangatan yang sama saat Anda menjalani hubungan sosial. Otak dan tubuh memiliki respons yang mirip saat Anda mendapatkan kehangatan dari hubungan personal maupun saat merasakan hangatnya air ketika mandi.


5. Mendengarkan musik


Musik selalu menjadi obat di saat galau atau sedang sedih. Sebuah studi menemukan bahwa musik yang up beat merupakan mood booster buat seseorang.


Lebih dalam lagi, musik dengan nada dan tempo yang lebih ceria dapat meningkatkan suasan hati ketimbang lagu sedih. Jadi, cobalah mulai membuat playlist di aplikasi pemutar musik milik Anda sekarang.


Pilih musik favorit yang ceria, semangat dan mungkin bisa membuat Anda berjoget. Dengarkan musik tersebut saat suasana hati Anda sedang tidak terlalu baik.


6. Berolahraga


Apa yang harus dilakukan ketika bad mood? Olahraga merupakan jawaban terbaik untuk mengubah mood menjadi lebih baik. Aktivitas fisik ini membantu aliran darah lebih baik.


Jika dilakukan dengan benar dan sesuai porsi, olahraga malah akan membuat kamu lebih segar.


Anda cukup berolahraga sekitar 30 menit setiap harinya untuk membuat mood lebih baik. Cukup jalan kaki atau jogging di sekitar rumah. Cobalah sekarang.


7. Meditasi


Mencari tempat untuk menyendiri sesat mungkin dibutuhkan saat kamu sedang mengalami hari buruk.


Cobalah mulai bermeditasi, mengatur napas, sambil berhitung. Lakukan meditasi dalam beberapa menit untuk mengubah mood lebih baik.


Lakukan juga meditasi sebelum tidur. Kebiasaan ini akan membuat Anda lebih segar saat esok harinya. Setelah itu, Anda siap kembali menghadapi segala aktivitas.


Itulah 7 cara memperbaiki mood supaya hari Anda lebih ceria. Semoga bermanfaat. (*)


Sumber: Instagram @sehatyuks.id

TerPopuler