Pesan Bupati Achmad Fauzi pada Tenaga Kesehatan: Melayani Harus Ikhlas -->

Pesan Bupati Achmad Fauzi pada Tenaga Kesehatan: Melayani Harus Ikhlas

Jumat, 04 Maret 2022, 2:22 PM
loading...
Peresmian Gedung Baru Puskesmas Legung
Bupati Sumenep Achmad Fauzi menandatangani prasasti peresmian gedung baru Puskesmas Legung, Batang-Batang, Sumenep, Jumat (4/3/2022). (Foto Asnodi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Bupati Sumenep Achmad Fauzi menekankan agar seluruh tenaga kesehatan melayani masyarakat dengan baik, cepat dan profesional.


Hal tersebut disampaikan Bupati Achmad Fauzi ketika meresmikan dua gedung Puskesmas, yakni Puskesmas Legung dan Masalembu, Jumat, 4 Maret 2022.


"Dengan disaksikan tokoh masyarakat, tokoh agama, saya ingin menyampaikan kepada seluruh jajaran Puskesmas Legung dan Masalembu agar sungguh-sungguh melayani masyarakat dengan sepenuh hati," tegasnya.


Bupati Achmad Fauzi menyebut Puskesmas Legung dan Puskesmas Masalembu infrastruktur bangunannya paling besar se-Kabupaten Sumenep.


Dua Puskesmas itu menelan anggaran pembangunan paling besar di antara Puskesmas lain di Kota Keris untuk memenuhi standar Permenkes No 75 Tahun 2014.


Karena itu, pihaknya meminta agar infrastruktur dan fasilitas Puskesmas Legung dan Masslembu yang layak dibarengi dengan sumber daya manusia yang bagus.


"Jangan sampai bangunannya bagus, tapi pelayanan kepada masyarakat buruk. Saya tekankan kepada seluruh jajaran mulai Kepala Puskesmas, dokter, perawat, administrasi, resepsionis hingga satpam bagaimana menyambut dan melayani pasien dan keluarganya dengan baik," tegas Bupati.


Ketika masyarakat datang ke Puskesmas, Bupati Achmad Fauzi mengingatkan tenaga kesehatan bahwa mereka dalam kondisi sakit dan hendak berobat. Dan menjadi tugas Nakes untuk melayani dengan baik.


"Maka secara otomatis melayani harus ikhlas. Itu konsekuensi (tenaga kesehatan), karena pasien adalah raja," pesannya.


Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sumenep, Agus Mulyono membenarkan bahwa pembangunan gedung Puskesmas Legung dan Masalembu menelan anggaran yang sangat besar.


"Dana pembangunan gedung dan fasilitas kesehatan untuk Puskesmas Legung sekitar Rp 4,1 miliar, sedangkan Puskesmas Masalembu mencapai Rp 6,5 miliar. Sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan Pemerintah Pusat," terang Agus Mulyono dalam laporannya.


Melihat kondisi infrastruktur dan fasilitas kesehatan dua Puskesmas itu sudah sesuai standar Permenkes No 75 Tahun 2014, Agus juga berharap agar para tenaga kesehatan melayani masyarakat dengan baik.


"Gedung ini sudah luar biasa, megah bernuansa hotel, diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang datang untuk berobat," harap Agus. (*/As/Rfq)

TerPopuler