Pemkab Sumenep Dorong Pembayaran Non Tunai SIAP QRIS -->

Pemkab Sumenep Dorong Pembayaran Non Tunai SIAP QRIS

Selasa, 29 Maret 2022, 2:00 PM
loading...
Pemkab Sumenep Dorong Pembayaran Non Tunai SIAP QRIS
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto, Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Direktur TI dan Operasional Bank Jatim Tony Prasetyo saat menandatangani MoU pengembangan pasar rakyat sistem digitalisaai menggunakan SIAP QRIS, Selasa (29/3/2022). (Foto Asnodi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mendorong implementasi pembayaran non tunai SIAP QRIS di Kota Keris.


Launching aplikasi Sehat, Inovatif dan Aman Pakai Quick Response Code Indonesian Standart (SIAP QRIS) tersebut berlangsung di Pasar Bangkal, Kecamatan Kota Sumenep, Selasa, 29 Maret 2022 pagi.


Peresmian Pasar Bangkal SIAP QRIS itu ditandai dengan pengangkatan keris oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Budi Hanoto dan Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo.


Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Budi Hanoto menyampaikan, launching SIAP QRIS untuk memudahkan aktivitas penjualan dan pembelian masyarakat di era digital. Program pasar rakyat QRIS tersebut merupakan kolaborasi Kementerian Perdagangan dan BI.


“QRIS ini dapat bermanfaat untuk masyarakat di masa depan, salah satu bentuknya yaitu mengembangkan ekosistem pembayaran berbasis digital,” kata Budi Hanoto.


Dia menyebut indeks implementasi akselerasi digitalisasi kanal pembayaran non tunai di Sumenep lumayan baik. Hal itu ditunjukkan lewat penggunaan QRIS yang mencapai 1930 merchant QRIS di akhir tahun 2021.


“Kita akan terus mendorong di sesi penggunaannya, terutama di daerah Jawa Timur agar pasar rakyat berbasis digital yang merupakan upaya optimalisasi antara BI dan Bank Jatim ini bisa berkembang dengan baik,” ungkap Kepala Perwakilan BI Jawa Timur itu.


Budi berharap layanan QRIS bisa mendongkrak keuangan digital secara positif di Sumenep. Bahkan, pihaknya ingin layanan tersebut juga dapat mengedukasi masyarakat untuk beralih ke pembayaran berbasis digital.


“Ini merupakan pasar kedua yang kami resmikan setelah Pasar Anom. Besar harapan kami peresmian ini dapat menjadi pendukung untuk digitalisasi transaksi di pasar-pasar lainnya, sehingga ekonomi digital di Kabupaten Sumenep bisa berkembang dengan maksimal,” harap Budi.


Sementara Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo menyatakan akan terus memaksimalkan kinerja pembayaran non tunai di Sumenep. Kemudian, pihaknya juga akan terus melaporkan perkembangan QRIS.


“Kami akan men-support Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam digitalisasi keuangan, baik melalui QRIS, m-banking dan ppmbayaran pajak online. Semuanya kita sudah punya. Kami juga punya kewajiban untuk membangun Sumenep,” ungkapnya.


Tonny menyampaikan ada sekitar 249 pedagang yang memiliki rekening Bank Jatim di Sumenep. Sebanyak 169 dari jumlah tersebut sudah terdaftar di aplikasi QRIS.


“Kita bisa lihat lebih dari separuh pemilik rekening Bank Jatim sudah menggunakan QRIS dan secepatnya pemilik rekening yang lainnya akan memiliki QRIS,” tutur Tonny.


Sedangkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengucapkan terima kasih kepada perwakilan BI Jawa Timur dan Bank Jatim yang mendorong implementasi pembayaran non tunai untuk mengembangkan sistem keuangan digital di Kota Keris.


Bupati Achmad Fauzi berharap aplikasi QRIS bisa berjalan di pasar hingga pelosok desa. Sebab, digitalisasi memang memiliki peran yang strategis, khususnya di masa proses pemulihan ekonomi dan pasca pandemi.


“Dengan adanya implementasi pembayaran non tunai ini akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pedagang dan para pelanggan yang melakukan transaksi di pasar,” ucap Bupati Achmad Fauzi.


Pada launching SIAP QRIS tersebut Pimpinan Bank Jatim Cabang Sumenep melakukan penandatanganan MoU dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep.


Sementara Bupati Sumenep Achmad Fauzi bersama BI dan Bank Jatim juga melakukan penandatanganan kerja sama jangka panjang pengembangan pasar rakyat sistem digitalisaai menggunakan SIAP QRIS. (As/Rfq)

TerPopuler